9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu

Daribuahdaun-Anda pasti tidak asing dengan sayuran buncis, bukan? Buncis termasuk satu jenis sayur polong-polongan yang memiliki tekstur renyah dan rasa manis. Buncis biasa diolah menjadi aneka masakan, diantaranya : sup, tumis, hiasan steak, dan lainnya. Buncis termasuk satu sayuran yang sangat direkomendasikan karena kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan dan tidak mengandung kolesterol serta lemak yang merugikan. Mungkin tak banyak yang tahu khasiat dahsyat yang terkandung dalam sayuran yang satu ini, karena itu simak terus kelanjutan artikel yang berjudul 9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu.

Kandungan nutrisi dalam Buncis

Meskipun terlihat sederhana, namun Anda jangan pernah meremehkannya, karena buncis mengandung banyak  nutrisi yang  bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Diantara kandungan nutrisi tersebut, antara lain : Vitamin A, Vitamin  D, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin  B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, potasium, dan zat penting lainnya, misalnya : zat b-sitosterol dan stigmasterol.  

1.    Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavonoida, potassium serta serat yang tinggi dalam sayur buncis dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan jenis ini juga bersifat anti-inflamasi sehingga ampuh mencegah pembekuan darah.

2.    Mencegah  kanker

Buncis mengandung antioksidan tinggi yang ampuh menangkal radikal bebas perusak sel sehat yang dapat memicu kanker.

3.    Menurunkan kadar gula darah

Buncis mengandung zat b-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah sehinggga membantu menekan tingkat kadar gula dalam darah

4.    Mencegah sembelit dan konstipasi

Buncis kaya akan serat yang ampuh melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi maupun sembelit.

5.    Menjaga kesehatan mata

Buncis kaya vitamin A dan karoten yang ampuh membantu mencegah penyakit degenerasi macula yang  membuat fungsi mata menurun.

6.    Menyehatkan tulang

Tulang membutuhkan asupan nutrisi agar sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Buncis mengandung  nutrisi yang bermanfaat untuk tulang, diantaranya : kalsium, vitamin K, silicon dan juga vitamin A. Karena itu, dengan rutin mengonsumsi sayuran ini, Anda akan terbebas dari masalah kesehatan yang mengancam tulang, mislanya : osteoporosis.

7.    Melancarkan sirkulasi darah

Buncis mengandung zat besi tinggi yang ampuh meningkat produksi hemoglobin sehingga sirkulasi darah  dalam tubuh bisa lebih lancar.

8.    Membuat pikiran lebih tenang

Sayuran yang satu ini memiliki sifat hipoglikemik yang berfungsi menenangkan saraf dan meminimalisir stress sehingga pikiran lebih tenang.

9.    Menjaga Kesehatan janin

Buncis kaya akan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satunya untuk mencegah cacat pada tabung saraf janin. Oleh karena itu, jangan segan mengonsumsi sayuran renyah ini ya!
Tidak hanya nikmat, ternyata buncis termasuk satu sayuran yang kaya nutrisi dan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel yang berjudul 9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown