Rahasia Manfaat Daun Angsana Untuk Kesehatan

DariBuahdanDaun - Pernahkah Anda mendengar tentang daun angsana? Tanaman angsana termasuk salah satu tanaman obat yang khasiatnya sudah dipercaya turun menurun dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Tanaman angsana memiliki banyak sebutan yang berbeda di beberapa wilayah, diantaranya : Sana kembang (Madura), Kayu merah (Timor), Sana kembang (Minangkabau), Sona (Batak), Candana (Bugis), dan masih banyak sebutan lainnya. Bagian daun tanaman angsana yang sering dimanfaatkan sebagai obat, karena terbukti mengandung senyawa yang ampuh mengobati penyakit, diantaranya : saponin, flavonoida dan polivenol, dan juga mengandung minyak atsiri.

Biasanya, daun angsana ditanam sebagai pagar hidup atau tanaman pelindung di sepanjang jalan menuju kebun. Hem, kira-kira apa sajakah manfaat tanaman Angsana? Agar lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul Rahasia Manfaat Daun Angsana Untuk Kesehatan berikut ini :

1.    Mengobati diabetes

Daun angsana mengandung glikemik rendah sehingga membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah. Hal ini tentu sangat bagus untuk mencegah dan mengobati diabetes mellitus. Caranya cukup merebus beberapa lembar daun angsana, saring dan minum airnya secara rutin.

2.    Mengobati sariawan

Dalam daun angsana terdapat kandungan antibakteri sehingga sangat bagus untuk mengatasi sariawan akibat kuman dan bakteri. Caranya : rebus daun angsana, dan gunakan untuk berkumur.

3.    Mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan

Daun angsana segar sangat bagus untuk membantu melancarkan pencernaan, misalnya : diare, sembelit, usus buntu dan lainnya.

4.    Pereda nyeri

Kandungan anti inflamasi yang tngi dalam daun angsana membuatnya sangat ampuh mengurangi rasa nyeri atau sakit akibat peradangan.

5.    Meredakan sakit pada luka bakar dan mencegah bekas luka menghitam

Selain mengurangi rasa sakit dan nyeri, kandungan vitamin dan mineral dalam daun angsana juga ampuh membantu mencegah bekas luka menghitam akibat luka bakar atau terciprat minyak panas.

6.    Mencegah penyakit akibat radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam Daun angsana sangat bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

7.    Mengobati bisul

Kandungan antiinflamasi dalam daun angsana ampuh meredakan kulit yang meradang akibat bisul. Caranya cukup tumbukhalus daun angsana, kemudian tempelkan pada anggota tubuh yang bisulan. Tapi sebelumnya, bersihkan luka dengan alcohol.

8.    Penawar racun tubuh

Kandungan flavonoid dan mineral dalam daun angsana sangat ampuh menjadi obat penawar racun atau toksin bagi tubuh.
Hem, ternyata dari tanaman yang seringkali dianggap remeh justru memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga informasi yang berjudul Rahasia Manfaat Daun Angsana Untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Matangkan Buah Alpukat dengan 5 Cara Mudah Ini
Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
Rahasia Sehat Buah Juwet yang Wajib Anda tahu
Manfaat Mengejutkan Buah Sukun Untuk Kesehatan
Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya
Rahasia Manfaat Daun Angsana Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown