Manfaat Luar Biasa dari Kulit Jeruk yang Sering Diabaikan

 DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak kenal buah jeruk? Hampir semua orang, dari kecil maupun besar menyukai buah yang rasanya manis dan segar. Buah jeruk termasuk salah satu sumber vitamin C terbaik untuk tubuh sehingga tak heran jika banyak yang memanfaatkan buah jeruk untuk kesehatan. (Rahasia Manfaat Kemiri untuk Kecantikan Kulit dan Rambut)
Kebanyakan orang hanya asyik menikmati kesegaran buahnya dan mengabaikan kulitnya. Padahal, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi kulit jeruk juga memiliki khasiat yang luar biasa, Apa sajakah itu, intips aja yuk manfaat dari kulit buah jeruk berikut ini :

1.    Pengharum alami rumah

Siapa sich yang tidak ingin rumahnya berbau wangi dan segar? Nah, agar aman dan tidak mengganggu kesehatan, Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai pengharum ruangan alami.

2.    Mengusir serangga pengganggu

Anda sebel dengan keberadaan serangga pengganggu? Tenang saja, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir serangga pengganggu, seperti : lalat, nyamuk, kutu beras, dan semut.

3.    Menetralisir bau tidak sedap

Sebel dengan bau tidak sedap? Tenang saja, Anda bisa memanfaat kulit jeruk untuk menetralisir bau tidak sedap di kamar mandi, dapur, atau di kamar.

4.    Mencegah penyakit kanker

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk bermanfaat memaksimalkan kinerja vitamin C dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian, kandungan senyawa polymethoxyflavones dan liminoid sangat ampuh mencegah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut dan kanker payudara.

5.    Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6.    Menyehatkan system pencernaan

Kandungan  serat alami dalam kulit buah jeruk ternyata sangat ampuh mencegah berbagai masalah pencernaan sehingga system pencernaan menjadi lebih sehat.

7.    Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak memang mengganggu dan memicu masalah jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker. Caranya dengan memblender lembut dan menambahkan air perasan lemon kemudian mengoleskan pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Cara mengonsumsi Kulit Jeruk

Mungkin Anda merasa bingung, bagaimana cara mengonsumsi kulit jeruk yang rasanya getir dan agak pahit? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan dnegan cara berikut ini :
•    Mengeringkannya dan menyeduhnya dengan air hangat layaknya teh
•    Mengeringkan dan memblender lembut, kemudian diseduh layaknya jamu. Agar rasa lebih enak, Anda bisa menambahkan madu
•    Memasukkan serbuk kulit jeruk kedalam kapsul
•    dan lainnya.
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Salam sehat!

Manfaat Luar Biasa dari Kulit Jeruk yang Sering Diabaikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown