Rahasia Manfaat Kulit Buah Naga

DariBuahDaun-Buah naga termasuk salah satu buah yang populer belakangan ini. Buah yang kulit luarnya bersisik ini awalnya berasal dari Negara Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Pohon buah naga hampir mirip dengan tanaman kaktus, karena memang termasuk dalam satu jenis kaktus. Rasa buah naga sangat segar dan kandungan airnya sangat tinggi sehingga cocok untuk bahan es campur, juice, pudding, dan lainnya.
Saat menikmati buah naga, kita pasti akan mengupas bagian kulit luarnya dan hanya menikmati daging buahnya saja. Kulit buah naga berbentuk tebal dan bersisik, namun tidak keras sebagaimana buah bersisik lainnya. Sama halnya dengan daging buah naga yang berkhasiat, ternyata kulit buah naga memiliki banyak manfaat loh. Simak manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Menjaga kelenturan pembuluh darah

Kulit buah naga mengandung senyawa aktif yang ampuh menjaga pembuluh darah agar tetap lentur sehingga tidak mudah pecah ketika mendapat tekanan darah yang tinggi dari jantung.

Mendeteksi makanan mengandung zat kimia berbahaya

Saat ini hampir sebagian makanan yang beredar di pasaran mengandung zat pengawet dan pewarna. Sayangnya, sebagian bahan pengawet dan pewarna yang digunakan mengandung zat kimia berbahaya sehingga dapat merusak kesehatan. Nah, kulit buah naga bisa membantu Anda mendeteksi apakah makanan tersebut mengandung kimia berbahaya. Caranya : Rendam potongan buah naga dalam air tawar dan campur dengan air perasan jeruk nipis. Celupkan tissue pada air rendaman tersebut, kemudian tempelkan pada makanan. Jika tissue berubah warna putih, maka makanan tersebut aman dari bahan pengawet. Sebaliknya jika tissue tetap berwarna merah, maka makanan tersebut mengandung zat pewarna.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Menurut hasil penelitian di Taiwan, ternyata ekstrak kulit buah naga merah bisa menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10. Hal itu karena kandungan antioksidan dalam kulit buah naga sangat tinggi, sehingga ampuh menangkal paparan radikal bebas penyebab kanker.

Melembabkan dan menghaluskan kulit

Kandungan air yang tinggi dalam kulit buah naga juga bermanfaat untuk melembabkan serta menghaluskan kulit. Caranya dengan memblender halus kulit buah naga, lalu tambahkan susu dan masker kulit buah naga siap membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Anda juga bisa mengoleskan kulit buah naga langsung pada kulit kaki yang menghitam akibat sel kulit mati yang menumpuk.

Pupuk alami yang menyuburkan tanaman

Daripada kulit buah naga hanya memenuhi tempat sampah Anda, ada baiknya jika dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanaman.Caranya cukup memotong kecil-kecil kulit buah naga, dan masukkan dalam tanah dekat tanaman/menguburnya.
Demikian beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit buah naga, semoga bermanfaat ya..

Rahasia Manfaat Kulit Buah Naga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown