Bahaya Asam Urat Pada Tubuh dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

DariBuahDaun-Pernahkah Anda mendengar tentang asam urat? Asam urat merupakan satu penyakit yang menyerang bagian persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri yang amat sangat. Penyebab asam urat sendiri karena konsumsi makanan yang mengandung zat purin. Zat purin yang berlebihan dalam tubuh membuat ginjal gagal mencerna dan mengeluarkannya dari tubuh. Jika hal itu terjadi terus menerus, maka zat purin akan menempel, menumpuk dan mengkristal pada bagian-bagian persendian sehingga menghambat kinerja persendian dan menjadi asam urat. (Jangan Buang Biji Nangka, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan)


Selain makanan yang mengandung purin, asam urat juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
a.    Genetik
Artinya jika seseorang memiliki garis keturunan dengan asam urat, maka akan berisiko terkena asam urat.
b.    Jenis kelamin
Dibandingkan dengan wanita, ternyata laki-laki memiliki risiko tinggi mengalami penyakit asam urat.

Bahaya asam urat tinggi

Selain mengetahui penyebab asam urat, Anda juga harus memahami bahaya akibat asam urat tinggi, diantaranya :

1.    Nyeri persendian

Ketika zat purin menunmpuk dan mengkristal dalam persendian, maka seseorang akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa ketika menggerakkan sendi. Bahkan tak jarang menyebabkan pembengkakan pada persendian sehingga membuat aktivitas Anda menjadi terhambat.

2.    Batu Ginjal

Ketika ginjal gagal mencerna dan mengeluarkan zat purin, maka dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran kencing. Jika tidak segera diatasi, dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

3.    Gagal Ginjal

Kadar asam urat tinggi yang membentuk kristal dalam ginjal dapat menghambat kerja  ginjal. Selain itu, gagalnya ginjal dalam mencerna maupun mengeluarkan asam urat dari tubuh dapat meningkatkan risiko gagal ginjal.
Selain mengakibatkan penyakit diatas, mungkin masih banyak bahaya lainnya karena itu sebaiknya kita segera beralih pada gaya hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari asam urat.

Atasi Asam Urat dengan 4 Tanaman Obat Ini

Nah, jika Anda mengalami penyakit asam urat, baiknya segera mengatasinya dengan beberapa cara, antara lain : banyak minum air putih, perbanyak asupan makanan yang mengandung potassium tinggi, hindari makanan tinggi purin, dan minum obat sesuai rekomendasi dokter atau menggunakan ramuan tradisional yang terbukti ampuh mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Ingin tahu, apa saja tanaman berkhasiat tersebut, simak yang berikut ini :

1.    Daun salam

Caranya sangat mudah, cukup rebus beberapa lembar daun salam hingga airnya menyusut. Anda bisa meminum airnya secara rutin setiap hari.

2.    Pare

Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan buah pare. Caranya cukup buang bijinya, kemudian potong daging buahnya, lalu rebus hingga airnya mendidih dan menyusut. Minum air rebusannya secara rutin setiap hari.

3.    Kumis kucing

Kumis kucing ampuh membantu menghancurkan asam urat yang mengkristal dalam saluran kencing. Selain itu, sifat diuretic dari kumis kucing membuatnya ampuh menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Cara penggunaannya juga sama, yakni minum air rebusan daun kumis kucing.

4.    Sambiloto

Seperti kumis kucing, Sambiloto juga ampuh membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Cukup rebus daun sambiloto hingga air mendidih dan menyusut, lalu minum airnya secara rutin setiap hari.
Semoga informasi tentang asam urat dan cara mengatasi asam urat dengan 4 tanaman berkhasiat diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Bahaya Asam Urat Pada Tubuh dan Cara Alami Untuk Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown