Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

DariBuahDaun-Mendengar nama daun kelor, pastilah ingatan Anda akan tertuju pada daun yang berkhasiat merontokkan susuk dalam tubuh. Tapi anehnya, beberapa ibu sering mencari pucuk daun kelor yang muda untuk diolah menjadi sayuran. Hem.. sebenarnya, apa sich keistimewaan daun kelor? Ternyata, daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, bahkan sering dijadikan salah satu bahan jamu tradisional. Diantara penyakit yang dipercaya mampu disembuhkan, yakni : remathik, tumor, diabetes, dan lainnya.
Daun kelor memiliki kandungan senyawa kimia yang berkhasiat sebagai obat, yakni arginin, metionin, leusin anti tumor, antioksidan, anti diabet, dan senyawa lainnya. Bahkan saking hebatnya daun kelor, para ilmuwan sampai menyebutnya sebagai Pohon ajaib atau dalam bahasa inggrisnya disebut “Miracle Tree”. Tanaman berdaun bulat kecil dan tersusun dalam tangkai ini biasanya digunakan para ibu untuk melancarkan ASI. Tidak hanya daunnya, buah pohon kelor yang disebut Kelentang juga nikmat diolah sebagai sayur asem.
Tahukah kalian, daun kelor memiliki kandungan gizi yang super WOW, antara lain : Potasium yang tiga kali lebih besar dari pisang, kalsium empat kali lebih besar dari susu, vitamin C lebih besar tujuh kali dibandingkan jeruk, vitamin A lebih banyak empat kali dibandingkan wortel, dan protein dua kali lebih banyak dari susu. Nah, agar tidak penasaran, berikut ini merupakan manfaat daun kelor untuk kesehatan :

•    Mengobati alergi

Ambil 4 tangkai daun kelor, adas pulosari segenggam, dan 2 bh Bawang merah. Rebus dengan 4 gelas air hingga tinggal 2 gelas, dan minum secara rutin.

•    Membersihkan flek di wajah

Flek di wajah memang mengganggu, tapi jangan khawatir karena bisa diatasi dengan mudah, yakni : ambil pucuk daun kelor, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan beberapa tetes madu, lalu gunakan sebagai masker. Selain madu, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya, misalnya : jeruk nipis, minyak zaitun, pisang, dan lain sebagainya.

•    Luka bernanah, herpes, dan kurap

Anda bisa mengatasi masalah diatas dnegan daun kelor, yakni tumbuh segenggam daun kelor hingga halus, lalu tempelkan pada luka.

•    Obat tetes mata

Tumbuk segenggam daun kelor, lalu tambahkan satu gelas air, dan aduk-aduk hingga merata. Diamkan hingga mengendap, lalu pakailah airnya untuk mengompres atau tetes mata.

•    Nyeri, Remathik, pegal linu

Ambil tiga tangkai daun kelor, tumbuk hingga halus. Tambahkan kapur sirih, dan aduk hingga merata. Oleskan pada tubuh yang sakit sambil diurut pelan-pelan sebagai param.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua yaa…

Baca Artikel Keren Lainnya
Tips Menghilangkan Bau Pete yang Menyengat
Hati-Hati, 5 Buah-Buahan Ini dapat Sebabkan Keguguran
9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu
Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown