Rahasia Manfaat di Balik Buah Mengkudu untuk Kecantikan

DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak kenal buah mengkudu? Meskipun tidak disukai, namun buah mengkudu cukup populer di kalangan masyarakat. Mengkudu memiliki nama yang beragam di beberapa wilayah, diantaranya : pace (Jawa), keumeudee (Aceh), Kodhuk (Madura) cangkudu (Sunda) dan lain sebagainya. Buah mengkudu mentah berwarna hijau dengan benjolan dan totol-totol kehitaman, namun jika matang akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kandungan gizi buah Mengkudu

Meskipun terlihat sepele, buah mengkudu mengandung nutrisi yang lengkap, diantaranya : selenium, protein, vitamin, dan mineral penting. Selain itu, terdapat kandungan lainnya yang berguna untuk kesehatan, misalnya : terpenoid, anti virus, anti inflamasi, zat anti bakteri, zat anti kanker. Kandungan gizi tinggi dan zat penting dalam mengkudu menjadikannya sebagai salah satu tanaman obat yang cukup terkenal sejak 2000 tahun yang lalu.

Manfaat Mengkudu untuk kecantikan

Tidak hanya buah mengkudu yang berkhasiat untuk kecantikan, karena daunnya juga mengandung manfaat yang luar biasa karena kaya vitamin A. Daun buah mengkudu bisa dikonsumsi sebagaimana sayur yang lain. Nah, agar tidak penasaran, simak beberapa manfaat mengkudu untuk kecantikan berikut ini :

Melembabkan kulit

Pernah mengalami kulit kering dan bersisik? Tidak perlu cemas, karena Anda bisa mengatasinya dnegan buah mengkudu. Caranya dengan menghaluskan buah mengkudu matang, kemudian oleskan secara merata pada kulit, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Perawatan secara teratur akan membuat kulit lebih halus dan terjaga kelembapannya.

Mengatasi masalah jerawat

Jerawat membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Tapi tenang saja, karena buah mengkudu juga berkhasiat mengatasi jerawat. Sifat antioksidan, anti bakteri dan anti inflamasi akan membantu mengatasi masalah jerawat separah apapun. Caranya dengan menghaluskan buah mengkudu, ambil airnya, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa menit, baru dech bilas hingga bersih.

Menghaluskan kulit

Ingin memiliki kulit tubuh yang halus mulus? Tenang saja, Anda bisa menggunakan mengkudu sebagai lulur. Caranya dnegan menghaluskan buah mengkudu, lalu menambahkan minyak zaitun/madu. Baluskan pada seluruh kulit, diamkan selam 15 menit, baru dech bilas hingga bersih.

Mengatasi peradangan kulit akibat sengatan sinar matahari

Masalah kulit akibat sengatan matahari bisa diatasi dengan buah mengkudu. Caranya blender buah mengkudu matang, diamkan dalam kulkas, lalu balurkan pada kulit. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Kandungan vitamin C, antioksidan dan selenium dalam buah mengkudu ampuh membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Caranya bisa dengan meminum jus mengkudu untuk perawatan dari dalam dan untuk perawatan dari luar, Anda bisa menjadikan mengkudu sebagai masker.

Menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah mengkudu sangat bagus untuk menjaga kesehatan rambut, diantaranya : melancarkan sirkulasi darah dan menutrisi kulit kepala. Jadi, dnegan perawatan rutin, rambut akan lebih sehat, akar rambut kuat dan tidak rontok. Caranya dengan menghaluskan mengkudu, kemudian minum dalam bentuk jus (untuk perawatan dari dalam), dan untuk perawatan dari luar, yakni dengan menghaluskan mengkudu dan menjadikannya cream crembath.

Mengusir kutu rambut

Mengoleskan jus mengkudu pada rambut akan membantu menghilangkan kutu dan telurnya serta menyembuhkan inveksi akibat gigitan kutu.

Menghilangkan ketombe

Kandungan antioksidan, vitamin C dan anti bakteri dalam buah mengkudu ampuh mengatasi masalah ketombe. Caranya dnegan menghaluskan mengkudu dan menjadikannya sebagai masker atau crembath.
Ternyata manfaat buah mengkudu sangat besar sekali ya. Semoga informasi tentang Rahasia Manfaat di Balik Buah Mengkudu untuk Kecantikan diatas dapat bermanfaat buat Anda semua.
Rahasia Manfaat di Balik Buah Mengkudu untuk Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown