Ternyata, Buah Asam Jawa Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Buah Asam seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan minuman yang menyegarkan. Selain itu, tanaman dengan nama latin tamarindus indica ini juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan benda-benda logam dan kuningan yang kehitaman. Ternyata tidak hanya itu saja, karena buah yang nama dan rasanya sama ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Kandungan gizi Asam jawa

Jangan remehkan buah asam, karena dibalik rasanya yang kurang menarik ini, ternyata banyak kandungan gizi yang tersimpan didalamnya. Apa sajakah itu? Kandungan gizi buah asam antara lain : Vitamin C, Vitamin E, betacaroten, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, serat, dan mangan. Selain itu, dbuah asam juga terdapat senyawa organic yang penting untuk kesehatan, diantaranya antioksidan dan anti inflamasi.

Manfaat buah asam untuk kecantikan

Kandungan dalam buah asam sangat bagus untuk menjaga kecantikan kulit Anda, diantaranya ;

Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dan E dalam asam sangat membantu membersihkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Caranya, campur asam matang dengan bubuk kunyit, tambahkan air hangat. Gunakan larutan tersebut sebagai lulur untuk tubuh, diamkan agar meresap di kulit, kemudian bilas hingga bersih. Perawatan secara teratur akan membuat kulit bersih, sehat dan berseri.

Scrup yang menghaluskan wajah

Kandungan Vitamin C dan E juga bermanfaat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Caranya dengan mencampur buah asam matang dengan sedikit garam dan yogurt. Gunakan sebagai masker wajah dan nikmati hasilnya, yakni kulit lebih halus, lembut dan terjaga kelembabannya.

Mengatasi selulit

Selulit pasti mengganggu penampilan Anda, bukan? tenang saja, Anda bisa mengatasinya dnegan ramuan asam jawa, lemon, baking soda, dan gula pasir. Oleskan pada kulit yang berselulit seraya dipijat lembut, diamkan dan bilas hingga bersih.

Menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan

Kandungan dalam asam juga bagus untuk menjaga kekuatan akar rambut dan mencegah kerontokan. Caranya dengan mencampur asam jawa dengan sedikit air, kemudian mengoleskan pada kulit kepala seraya dipijat lembut. Diamkan sebentar, kemudian keramaslah seperti biasanya.

Manfaat Asam Jawa untuk kesehatan

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, asam jawa juga berkhasiat mengatasi beberapa masalah kesehatan, diantaranya :

Mempercepat penyembuhan luka

Untuk luka, Anda bisa mengatasi dnegan daun asam jawa. Caranya dnegan menghaluskan pucuk daun asam, kemudian membalurkan pada luka.

Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat alami dalam buah asam sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Anda bisa memanfaatkan asam sebagai bumbu masak atau minuman yang menyegarkan.

Menyehatkan jantung

Kandungan kalium membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serat dalam asam juga membantu menurunkan kolesterol jahat/LDL, serta antioksidan dapat menangkal radikal bebas. kondisi tersebut membuat kerja jantung tidak terlalu berat dan lebih terjaga kesehatannya.

Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi dalam asam membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah gejala anemia.

Mengatasi peradangan/bengkak

Kandungan minyak esensial dalam asam jawa bersifat anti-inflamasi sehingga ampuh mengatasi nyeri sendi, peradangan (rematik, asam urat, arthritis, dan lainnya). Caranya dengan mengoleskan larutan asam pada daerah yang sakit seraya dipijat lembut.
Selain yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak manfaat asam jawa yang lainnya. Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Ternyata, Buah Asam Jawa Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown