Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Anda pasti tidak asing dengan daun bawang khan? Ya, daun dengan aroma yang khas ini biasanya menjadi salah satu bumbu tabur atau lalapan dalam masakan, misalnya soto, bakso, lumpia, gorengan, dan olahan lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin Allium fistulosum ini ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tapi juga kesehatan dan kecantikan.
Daun bawang memiliki kandungan gizi tinggi, antara lain Vitamin A, K, asam folat, Vitamin C, kalsium, protein, potasium, karbohidrat, lemak, dan rendah kalori. Selain itu daun bawang memiliki senyawa penting, misalnya : antioksidan dan antibakteri. Kandungan tersebut membuat daun bawang sangatermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, dan baik untuk penderita beberapa penyakit, misalnya jantung, diabetes, dan lain sebagainya.
Nah, agar lebih jelasnya, simak manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :
Untuk kesehatan

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam daun bawang sangat berkhasiat menyehatkan mata. Karena itu, jangan pernah ragu untuk menambahkan daun bawang pada masakan atau cemilan Anda.

Menjaga dan mencerdaskan janin

Kandungan asam folat dalam daun bawang cukup tinggi sehingga sengat baik untuk ibu hamil untuk menjaga kehamilan dari keguguran/cacat, mengoptimalkan perkembangan serta meningkatkan kecerdasan otak.

Menyehatkan Tulang

Dengan tulang yang sehat, kita bisa leluasa bergerak. Daun bawang mengandung kalsium, vitamin C dan K yang merupakan asupan penting untuk kesehatan tulang Anda.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Selain itu juga mengandung anti bakteri dan anti virus yang membantu tubuh melawan bakteri merugikan di tubuh.

Menjaga pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam daun bawang sangat membantu tubuh dalam menjaga sistem pencernaan, misalnya mengatasi sembelit/susah BAB.

Menjaga kesehatan jantung

Daun bawnag mengandung senyawa cycoloalliin yang berkhasiat mengencerkan darah sehingga terhindar dari penggumpalan atau penyumbatan darah yang memicu berbagai penyakit berbahaya, misalnya jantung, stroke.

Mencegah Penyakit diabetes

Kandungan phyto-kimia (allium dan alil disulfida) dalam daun bawang sangat berkhasiat mencegah tubuh dari penyakit diabetes, karena berfungsi membuat metabolisme glukosa meningkat dan mencegah degradari insulin didalam tubuh.
Nah, jika diatas sudah dibahas manfaat daun bawang untuk kesehatan, simak manfaat daun bawang untuk kecantikan berikut ini :

Mengatasi jerawat

Masalah jerawat membandel bisa diatasi dnegan mudah menggunakan daun bawang. Kandungan zat allicin yang memiliki sifat anti bakteri sangat membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Cara pemakaiannya cukup dnegan menghaluskan beberapa tangkai daun bawnag dan tempel pada kulit wajah.

Membuat kulit cerah dan lebih muda

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat daun bawang cocok untuk menjaga kecantikan kulit, mislanya ; mencegah pigmentasi dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih cerah dan lebih muda.

Mencegah penuaan dini

Daun bawang kaya antioksidan, vitamin A, E, dan K yang ampuh menangkal radikal bebas yang merusak kecantikan kulit. Dengan rajin mengonsumsinya, kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Mengatasi rambut rusak

Untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat, Anda harus menjaga nutrisi rambut. Kandungan gizi yang tinggi dalam daun bawang membuatnya cocok untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya dengan menumbuk halus daun bawang, kemudian menjadikannya sebagai masker.
Okey dech, nggak nyangka khan jika daun kecil ini ternyata kaya manfaat? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat kita semua.
Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown