Manfaat dan Bahaya Buah Bintaro yang Harus Anda Tahu

Daribuahdaun - Pernah mendengar nama Buah Bintaro? Meskipun nama buha ini terdengar asing, namun saya yakin jika sudah banyak yang melihat tanaman Buah Bintaro, karena tanaman ini biasa ditanam di pinggir jalan untuk penghijauan. Tanaman ini memiliki bunga indah mirip bunga kamboja dan buah yang menarik seperti buah mangga, yakni berwarna hijau saat mentah dan merah saat matang. Bagi yang tidak tahu, buah Bintaro tentu terlihat menggoda selera, namun jangan sekali-kali mengonsumsinya ya, karena buah, pohon dan getahnya mengandung racun.
Pohon bintaro memiliki nama latin Cerbera manghas atau sering juga disebut sebagai Kayu Gurita, Buta Badak, Babuto, dan mangga Laut tidak hanya di tanam di pinggir jalan, karena tanaman ini juga bisa dengan mudah ditemukan di tepi pantai maupun hutan mangrove. Kira-kira, selain bermanfaat untuk penghijauan, apa yang bisa kita manfaatkan dari buah Bintaro? Untuk lebih jelasnya, simak Manfaat dan bahaya Buah Bintaro yang Wajib Anda tahu berikut ini :

1.    Pengusir tikus

Sebal karena rumah selalu dikunjungi tikus? Buah Bintaro bisa membantu Anda mengusir tikus looh…hal ini karena buah Bintaro mengandung racun cerberin yang bisa merusak syaraf pusat otak binatang pengerat ini. Dengan meletakkan buah bintaro di tempat yang biasa dikunjungi tikus, niscaya dia tidak akan berani datang lagi ke rumah Anda.

2.    Bahan bakar

Sebuah penelitian oleh Faperta IPB menyebutkan jika kandungan minyak dalam buah Bintaro bisa diolah menjadi bahan bakar alternative.

3.    Bahan baku lilin

Buah bintaro mengandung banyak minyak yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan lilin.

4.    Bahan baku deodorant

Buah mintaro juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku deodorant yang membantu menghambat keluarnya keringat penyebab bau badan.

5.    Biopestisida

Kandungan racun didalam daun buah Bintaro bisa dimanfaatkan sebagai biopestisida alami. Jadi, tidak perlu keluar banyak uang untuk membelinya, karena Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat.

6.    Racun pada Anak Panah

Racun dalam buah bintaro bisa dimanfaatkan untuk berburu hewan, yakni dnegan cara dioleskan pada ujung anak panah.
Meskipun memiliki banyak manfaat, namun kita tetap harus waspada, karena didalam buah, daun, getah, maupun pohon Bintaro banyak terdapat racun yang berbahaya. Apabila getah pohon bintaro mengenai luka, maka dapat menyebabkan kelumpuhan. Racun bernama Cerberin berisiko mengganggu saluran ion dalam otot jantung sehingga memicu detak jantung menjadi tidak stabil bahkan kematian.
Manfaat dan Bahaya Buah Bintaro yang Harus Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown