Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak kenal dengan tanaman lidah buaya? Ya, tanaman dengan bentuk mirip lidah dan bergerigi mirip duri pada bagian tepi daunnya ini termasuk salah satu tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya mengandung beberapa senyawa penting, diantaranya : lektin, saponin, antrakuinon, mannans, polymannans, dan lain sebagainya.
Kandungan gizi dalam lidah buaya juga cukup besar loh. Berikut ini adalah kandungan ilmiah yang terdapat pada lidah buaya : karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Thiamin, Kalori, Lemak, Protein, Riboflavin, kalsium, niasin, dan  zat besi. Kandungan gizi dan senyawa penting dalam lidah buaya membuatnya layak disebut sebagai tanaman herbal berkualitas. Berikut ini merupakan manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Mengatasi masalah jerawat

Kandungan vitamin C dalam lidah buaya sangat bagus untuk kulit, terutama mengatasi masalah jerawat yang membandel. Caranya cukup mudah, yakni dnegan mengoleskan lendir lidah buaya secara merata pada kulit wajah secara teratur. diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air hangat.

Menghilangkan Flek Hitam

Selain jerawat, lidah buaya juga ampuh mengatasi flek-flek hitam pada kulit. Cara pemakaiannya kurang lebih sama, yakni memanfaatkan lendirnya sebagai masker wajah. Gunakan secara teratur pada pagi dan malam hari, niscaya flek hitam akan memudar.

Menguatkan Bulu Mata

Bulu mata yang setiap hari bersentuhan dengan mascara tentu dapat berpengaruh pada kesehatannya, misalnya : bulu mudah rontok dan kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan lendir lidah buaya pada bulu mata secara teratur menjelang tidur. Niscaya bulu mata akan lebih kuat, sehat dan lebat.

Kesehatan dan kecantikan Rambut

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk menyehatkan dan mempercantik rambut Anda. Perawatan rambut dengan lidah buaya ampuh untuk mengatasi beberapa hal, antara lain : masalah ketombe, rambut rontok, rambut kaku/kasar. Jadi dengan rutin melakukan perawatan dnegan lidah buaya, rambut akan lebih halus, lembut, bebas ketombe, kuat, dan lebat.

Kesehatan dan kecantikan Kulit

Lidah buaya sangat cocok untuk berbagai jenis kulit, karena itu siapapun bisa memanfaatkannya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan rutin melakukan perawatan menggunakan lidah buaya, maka kulit akan lebih cerah, lembut, bebas jerawat, melembabkan, dan mengurangi keriput.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Menjaga berat badan

Kandungan serat dalam lidah buaya sangat ampuh menjaga berat badan agar tetap ideal.
Meningkatkan system kekebalan tubuh
KAndungan antioksidan dalam lidah buaya sangat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dengan cara meningkatkan kekebalannya.

Mengatasi Diabetes

Rajin mengonsumsi lidah buaya akan membantu menormalkan kadar gula darah penderita diabetes. Caranya adalah, ambil lidah buaya, kupas dan rebus bagian gelnya bersama 3 gelas air. Sisakan setengah dari rebusan tersebut dan minum secara teratur.

Mengatasi Luka

Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan, karena itu sangat bagus untuk membantu mengatasi luka ringan, misalnya luka bakar, kulit terbakar matahari, mengurangi warna kulit yang lebam/memar, meredakan rasa perih ketika kulit terkelupas, dan lain sebagainya.

Mengobati Wasir

Kandungan serat alami dalam lidah buaya sangat ampuh mengatasi masalah pencernaan, misalnya : wasir, sembelit, dan lain sebagainya. Caranya adalah parut bagian putih dari lidah buaya, kemudian tambahkan madu dan air matang. Minum secara teratur agar hasil lebih maksimal.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Kandungan gelatin dalam lidah buaya ampuh menyerap racun yang berada dalam usus dan mengeluarkan bersama kotoran. Detoksifikasi inilah yang bermanfaat menyehatkan tubuh Anda.
Ternyata banyak sekali manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan ya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya. Yuk, jangan lupa tanam lidah buaya di pekarangan Anda.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown