Suka Makan Terong Ungu? Ini 9 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan!

Anda suka makan olahan terong? Terong termasuk satu sayuran yang memiliki tekstur mirip spons, sehingga sangat nikmat diolah menjadi aneka hidangan yang lezat. Ada banyak jenis terong yang bisa Anda pilih untuk dimasak, diantaranya : terong ungu, terong hijau, terong belanda, terong batik, terong bulat, an lainnya. Dibandingan dengan sayuran lain, harga terong termasuk sangat ramah dikantong dan mudah didapatkan di pasar tradisional. Ternyata bukan itu saja, karena terong memiliki keistimewaan lainnya, yakni : mengandung banyak gizi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.  Ingin tahu, apa saja manfaat terong ungu bagi kesehatan? Simak terus kelanjutan artikel ini.

Kandungan Gizi Pada terong Ungu

Meski sering dianggap sepele, namun terong ungu sangat kaya gizi, diantaranya : energy, protein, gula alami, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potassium/kalium, serat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin C, dan lainnya.

Sembilan Manfaat Terong ungu Bagi Kesehatan

 Terong ungu bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, diantaranya : sambal terong, lodeh, balado, rica-rica, pecel terong, dan lainnya. Nah, agar Anda semakin semangat mengolah terong untuk keluarga, sebaiknya simak beragam manfaat terong untuk kesehatan berikut ini :

1.    Menjaga kesehatan jantung

Dalam terong terdapat kandungan potassium tinggi yang bermanfaat menjafa tekanan darah agar tetap stabil dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam terong juga ampuh menurunkan kolesterol.

2.    Menjaga kesehatan Otak

Kandungan fitonutrien dalam terong sangat ampuh menjaga dan melindungi membran sel dari segala bentuk kerusakan dan menjaga fungsi memori otak.

3.    Menjaga Berat Badan

Terong kaya akan serat alami yang ampuh membantu menjaga berat badan yang ideal. Direkomendasikan mengonsumsi terong dalam bentuk lalapan atau mentah agar hasilnya lebih terasa.

4.    Mencegah Diabetes

Terong mengandung serat alami yang bermanfaat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula alami didalamnya juga aman dikonsumsi penderita diabetes.

5.    Membantu pencernaan

Kandungan serat sehat dalam terong snagat bermanfaat untuk menjaga kesehatan system pencernaan sehingga Anda  terhindar dari risiko sembelit dan kanker usus.

6.    Membuat kulit lebih glowing

Kadar air yang tinggi dalam terong membuat kulit dan tubuh terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari kulit kering dan kusam. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral didalamnya juga membuat kulit lebih sehat dan Nampak lebih glowing.

7.    Menjaga kesehatan Kulit Kepala

Kandungan vitamin dan mineral dalam terong tidak hanya bagus untuk kulit, karena juga menutrisi kulit kepala sehingga lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang merusak keindahan rambut.

8.    Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam terong snagat ampuh mencegah munculnya tanda-tanda  penuaan dini sehingga impian untuk terlihat awet muda akan menjadi nyata.

9.    Mencegah dan menyembuhkan hipertensi atau darah tinggi

Terong mengandung kalium dan bioflavonoida tinggi sehingga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan meredakan stress.
Manfaat terong ungu sungguh sangat luar biasa ya! Dengan mengetahui manfaat terong ungu diatas, pastinya Anda akan lebih semangat, bukan?

Tags : manfaat terong ungu manfaat terong bagi kesehatan manfaat terong untuk pria manfaat terong untuk ibu hamil khasiat terong belanda untuk kesehatan manfaat kunyit untuk kesehatan manfaat madu untuk kesehatan manfaat wortel untuk kesehatan
Suka Makan Terong Ungu? Ini 9 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown