Suka Ngemil Kuaci? Kenali Sembilan Manfaat Sehatnya

Cemilan termasuk hal wajib yang harus ada, terutama saat bersantai bareng teman atau keluarga. Ada beragam jenis cemilan yang bisa Anda konsumsi, namun pastinya Anda akan memilih cemilan yang tidak hanya sekedar enak, tapi juga sehat bukan? Diantara banyaknya jenis cemilan, ada satu jenis cemilan sehat yang bisa menjadi alternative pilihan untuk Anda, yakni : kuaci. Apa itu kuaci? Kuaci atau kuwaci merupakan biji dari bunga matahari yang diolah dengan cara disangrai atau dioven hingga menghasilkan cemilan yang lezat gurih dan kaya manfaat. Kuaci bukan sekedar cemilan biasa, karena didalamnya terdapat banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kuaci

Jangan remehkan kuaci, karena didalamnya mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dari mulai :energy, karbohidrat, protein, lemak, serat alami, asam folat, vitamin B complex, Vitamin A, vitamin C, Vitamin E, sodium, potassium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor,  selenium, zinc, dan carotene.

Manfaat sehat dari konsumsi kuaci

Ada banyak manfaat sehat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan ngemil kuaci, diantaranya :

1.    Menurunkan kolesterol

Kuaci mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol.

2.    Mencegah penyakit kardivaskular

Kuaci mengandung vitamin C dan E tinggi dan nutrisi penting lainnya yang ampuh menurunkan kolesterol jahat.  Rutin mengonsumsinya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

3.    Menenangkan otot, saraf dan pembuluh darah

Kuaci mengandung magnesium yang membantu mengatur saraf dan otot sehingga bekerja dengan optimal.

4.    Meningkatkan kecerdasan otak anak

Biji bunga matahari kaya akan protein dengan asam amino kualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

5.    Menjaga kadar gula darah agar tetap normal

Biji bunga matahari sangat kaya akan senyawa polifenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic yang berfungsi sebagai  antioksidan alami dalam tubuh, dimana fungsinya adalah membasmi racun berbahaya dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam klorogenat  didalamnya juga sangat bagus membantu menurunkan kadar gula darah.

6.    Menjaga kesehatan tulang

Kandungan magnesium dan kalsium dalam biji kuaci sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

7.    Mencegah penyakit kanker

Kuaci mengandung selenium yang bermanfaat menginduksi perbaikan DNA dalam sel-sel yang rusak, menghambat sel kanker dan membantu menghilangkan sel-sel abnormal. Selain itu, kandungan protein dan antioksidannya juga ampuh mendetoksifikasi zat-zat berbahaya dalam tubuh yang berpotensi menjadi kanker.

8.    Menjaga kecantikan kulit

Kuaci kaya vitamin E yang merupakan antioksidan terbaik, dimana ia bermanfaat menjaga kecantikan kulit dari paparan radikal bebas yang sebabkan kerusakan kulit.

9.    Menjaga kesehatan janin

Dalam kuaci terdapat kandungan nutrisi lengkap yang bagus untuk ibu hamil dan janin, salah satunya asam folat, dimana ia dapat mencegah cacat saraf pada janin.
Setelah mengenal Sembilan manfaat sehat dari ngemil kuaci, masihkah Anda mengabaikannya? Jangan lupa beli kuaci dan jadikan cemilan wajib untuk keluarga ya!

#Manfaatkuaci #Kandungangizikuaci #CemilanSehat
Suka Ngemil Kuaci? Kenali Sembilan Manfaat Sehatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mama Punya Cerita Vlog