Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Kalian pasti tidak asing dnegan buah yang satu ini. Yup, Manggis termasuk buah yang cukup terkenal di Indonesia. Buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam ini cukup banyak penggemarnya. Ternyata, manggis tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, tapi juga kaya manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan gizi buah manggis

Ternyata buah manggis memiliki kandungan gizi yang penting, diantaranya : vitamin C,  A, B6, B12, asam folat, karoten, magnesium, fosfor, karbohidrat, kalium, nutrium, tembaga, seng,  protein, serat, kalsium, zat besi, dan masih banyak yang lainnya.

Buah manggis mengandung  zat penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya :
  •  Zat xanthone, yang merupakan zat anti kanker, anti bakteri dan anti inflamasi. Zat tersebut dapat membantu membunuh patogen penyebab penyakit berat maupun ringan, misalnya : tekanan darah tinggi dan jantung. Selain itu zat xanthone juga berfungsi dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh.
  • Antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat  untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit berbahaya, misalnya kanker darah/leukimia, kanker payudara, kanker lambung, dan lain sebagainya.
  •   Zat Stibenes yang bermanfaat mencegah serangan radikal bebas dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Buah manggis tidak hanya nikmat dan berkhasiat, karena kulitnya justru memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. Simak beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan  berikut ini :
  • Mencegah dan mengobati kanker

Kulit manggis mengandung xanthones yang bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh sel-sel kanker.
  • Mengobati TB

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan di Thailand menunjukkan jika alfa mangostin, beta mangostin, dan garcinone B yang terdapat dalam ekstrak buah manggis  bermanfaat menghambat infeksi mycobacterium tuberculosis yang merupakan penyebab penyakit TB. Selain itu, manggis juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh pasien TB yang lemah.
  • Mengatasi peradangan

Selain bersifat anti kanker, ekstrak kulit manggis juga memiliki sifat anti peradangan dan anti alergi yang bekerja dengan cara menghambat pelepasan prostagladin dan histamin yang berkaitan dnegan peradangan dalam tubuh manusia.
  • Mengatasi disentri, diare, dan masalah kandung kemih

Kandungan nutrisi dalam kulit manggis sangat ampuh mengatasi masalah disentri, diare, dan kandung kemih. Penggunaannya adalah dengan merebus kulit manggis, kemudian meminum air rebusannya.
  • Mencegah kulit keriput dan membuatnya awet muda

Antioksidan yang tinggi dalam buah manggis sangat ampuh menangkal radikal bebas menyebab penuaan dini. Jadi, ketika tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah, maka kulit akan terlihat lebih sehat dan awet muda.
  • Mencegah dan mengatasi jerawat

Sifat anti radang dan anti bakteri, serta kandungan antioksidan sangat berperan penting untuk mencegah dan mengatasi masalah jerawat.
  • Meningkatkan sistem kekebalan

Manggis mengandung vitamin, mineral dan berbagai nutrisi penting yang berkhasiat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.
  • Mempercepat penyembuhan luka

Sifat anti bakteri dan anti peradangan pada buah manggis sangat bermanfaat mempercepat penyembuhan luka. Cara yang bisa dilakukan adalah menumbuk halus kulit manggis dan menempelkan pada luka, atau dnegan meminum rebusan kulit buah manggis. 
  • Mencegah dan mengobati penyakit Diabetes

Kandungan nutrisi dalam buah manggis yang lengkap membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes sehingga risiko komplikasi dapat dihindari. Bagi yang belum terkena penyakit diabetes, ada baiknya melakukan upaya pencegahan menggunakan ekstrak kulit manggis yang kaya manfaat.
  • Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah manggis sangat ampuh membantu Anda dalam menurunkan berat badan.Semoga informasi tentang  manfaat buah manggis diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown