Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Jahe termasuk salah satu tanaman obat yang berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe biasa dimanfaatkan sebagai bahan minuman penghangat badan di kala musim dingin. Selain itu, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat tradisional. Jahe tergolong kedalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), dan merupakan famili dari temu-temuan lainnya seperti : kunyit (Curcuma domestica), temulawak (Curcuma xanthorrizha), kencur (Kaempferia galanga), temu hitam (Curcuma aeruginosa), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.
Penggunaan jahe sebagai bahan obat herbal sudah cukup terkenal, karenanya tak heran jika banyak produsen yang berlomba-lomba menciptakan produk berbahan baku jahe. Ternyata, jahe itu dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuk, ukuran dan warna plimpangnya, diantaranya : jahe Putih atau Jahe Kuning Besar, Jahe Putuh atau jahe Kunung kecil, dan Jahe Merah. Diantara ketiga jenis jahe, jahe merah termasuk jenis yang paling banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, karena kandungan minyak atsirinya lebih tinggi dibandingkan kedua jenis lainnya.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Kandungan yang terdapat dalam jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :

Menghangatkan tubuh

Jahe memiliki sifat yang hangat sehingga sangat membantu meningkatkan suhu tubuh. Cara memanfaatkan jahe untuk menghangatkan tubuh adalah dengan menjadikannya wedhang jahe.

Mengobati batuk

Jahe tidak hanya bersifat anti toksin dan anti virus, tapi juga berfungsi sebagai ekspektoran alami yang membantu mengatasi masalah batuk yang mengganggu. Minum air perasan jahe dapat membantu mengencerkan dahak dan menghangatkan tenggorokan.

Mencegah penyakit Kanker

Kandungan penting dalam jahe juga bermanfaat menekan tumbuhnya sel kanker, misalnya mencegah penyebaran kanker kulit, kanker ginjal, kanker paru-paru, dan lainnya.

Melancarkan pencernaan

Jahe bersifat anti peradangan sehingga cocok untuk membantu melancarkan pencernaan. Jahe membantu tubuh dalam menyerap makanan dan meminimalisir resiko sakit perut.

Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

Jahe juga mengandung senyawa anti inflamasi sehingga berkhasiat meredakan memar dan nyeri akibat  benturan benda tumpul dan ampuh meredakan nyeri  akibat rematik atau sakit sendi.

Manfaat Jahe Perawatan Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jahe juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan Anda, diantaranya :

Mengatasi Kulit Berminyak

Jahe mengandung bahan mineral alami yang bermanfaat mengatasi kulit berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan menjadikan jahe sebagai masker untuk kulit wajah.  Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan madu atau minyak zaitun.

Menghilangkan ketombe dan mengatasi kerontokan rambut

Ketombe dapat memicu kerontokan rambut. Nah, jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Gunakan parutan jahe untuk masker pada rambut, seraya pijat-pijat lembut, diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.
Semoga beragam manfaat jahe diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayunin Jafar