Kupas Tuntas Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

DariBuahDanDaun - Bayam hijau termasuk satu sayuran yang cukup populer, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Selain itu, kita bisa menjumpai bayam hijau dengan sangat mudah di pedagang sayuran maupun di apsar tradisional. Tahukah Anda jika selain bayam hijau, ada jenis bayam lainnya, yakni bayam merah yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan? Bayam merah banyak disebut sebagai tanaman herbal yang berkhasiat memelihara kesehatan tubuh. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu, apa sajakah manfaat luar biasa yang terkandung dalam bayam merah. Bahkan beberapa orang justru menjadikan bayam merah sebagai tanaman hias saja. Hem, kira-kira apa ya keistimewaan bayam merah untuk kesehatan? 

Kandungan Nutrisi Bayam merah

Kebanyakan orang kurang memahami keistimewaan bayam merah, sehingga tak heran jika mereka lebih memilih bayam hijau. Padahal didalam bayam merah terdapat kandungan nutrisi yang luar biasa, diantaranya : protein, lemak, karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, niacin, dan mineral penting, seperti : kalsium, kalium, mangan, fosfor, serat,zat besi. Selain itu, pada daun bayam merah terdapat senyawa karotein, saponin, dan klorofil. Sementara pada batangnya, juga terdapat senyawa penting, diantaranya : polifenol, alkaloid, dan flavonoid.

Manfaat Bayam merah untuk kesehatan tubuh

Dari beragam kandungan nutrisi dalam bayam merah diatas, kita bisa mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa banyak, diantaranya :

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Bayam merah mengandung serta cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mislanya : melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit dan susah BAB, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsi bayam merah sebagai lalapan atau diolah sebagai sayur atau jus.

Melindungi kesehatan mata

Bayam merah mengandung vitamin A yang lumayan tinggi, dimana hal ini sangat bagus untuk melindungi kesehatan mata dari berbagai masalah yang menyebabkan kerusakan pada mata. Dengan rutin mengonsumsi bayam merah, kesehatan tubuh dan mata Anda akan senantiasa terjaga.

Mengatasi masalah anemia

Kandungan zat besi dalam sayur bayam sangat ampuh meningkatkan kadar hemoglobin pada sel darah merah. Jadi, alasan inilah yang membuat sayuran bayam merah sangat bagus untuk mencegah dan mengatasi anemia. Caranya seperti diatas, cukup dikonsumsi sebagai lalapan, dibuat sayur atau jus.

Mencegah osteoporosis

Kandungan Kalsium dalam bayam merah sangat bermanfaat untuk mnjaga kesehatan tulang dan mencegah dari masalah pengapuran tulang dna juga osteoporosis.

Mencegah dan memerangi kanker

Bayam merah mengandung betasianin dan antosianin tinggi yang bersifat sebagai antioksidan, antikanker dan juga antihiperglikemik. Dengan rutin mengonsumsi bayam merah, maka daya tahan tubuh akan lebih kuat dan pastinya ampuh mencegah dan memerangi penyakit kanker.

Menjaga keindahan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi pada sayur bayam merah sangat membantu menangkal radikal bebas pemicu penuaan dini. Jadi, Anda bisa memanfaatkan daun bayam merah untuk menjaga kecantikan kulit.

Mengatasi Gangguan Ginjal

Bayam merah sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi dalam ginjal dapat membantu membersihkan racun yang mengendap pada ginjal dan mengembalikan fungsinya.

Menjaga Kecantikan Rambut

Kandungan Antioksidan, vitamin dan mineral didalam bayam merah juga sangat membantu Anda dalam menjaga kecantikan rambut. Anda bisa meminum jus bayam merah secara langsung atau menjadikannya sebagai masker rambut.

Meningkatkan sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam bayam merah sangat ampuh meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang optimal, tubuh kita bisa lebih kuat dalam menangkal berbagai serangan penyakit.
Setelah membaca penjelasan diatas, masihkah Anda mengabaikan keberadaan bayam merah? Semoga informasi yang berjudul Kupas Tuntas Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya :
Rahasia Manfaat Buah Majakani untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Tersembunyi Cabai Ijo untuk Jaga Kesehatanmu
10 Rahasia Manfaat Daun Salam yang Wajib Anda Tahu
Rahasia Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes
Cara Mudah Memilih Durian yang Legit dan Dagingnya Tebal
Kupas Tuntas Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown