Manfaat Ranti atau leunca untuk Kesehatan

DariBuahDaun-Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa itu Ranti. Ranti disebut juga leunca merupakan tumbuhan anggota suku terung-terungan. Ternyata buah dari tanaman ini bermanfaat sebagai sayuran dan juga pengobatan. Tanaman dengan buah berwarna ungu ini dalam bahasa inggris disebut sebagai black nightshade. Kandungan dalam buah ranti snagat besar, antara lain : kalsium, Vitamin A, Vitamin C, zat besi, fosfor, glikoalkaloid solanin, solasodin, solasonin, solamargin, solanidin, atropin, saponin, diosgenin, tigogenin, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat daun ranti

Daun ranti bisa dimanfaatkan sebagai sayuran dan pengobatan. Daun ranti memiliki efek menenangkan, diuretic (pelancar air seni), dan ekspektoran (pengencer dahak).

Manfaat buah Ranti

Buah ranti matang memiliki rasa manis, dan khasiatnya bagi kesehatan sangatlah besar, yakni : bersifat tonic, diuretic, anti bakteri, anti kanker, analgesic, dan antiradang.

Kandungan tersebut membuat ranti banyak dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit, antara lain : mengatasi bengkak, kanker payudara, lambung, leher rahim,melancarkan darah, pereda batuk, peluruh demam,  dan gangguan saluran pernapasan. 


Hati-hati mengonsumsi tanaman Ranti

Meskipun terkandung manfaat yang besar, namun penggunaanya harus diperhatikan karena bisa jadi justru membahayakan diri Anda sendiri. Karena ada bagian buah dan daun tanaman leunca juga mengandung racun yang menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi. Bagian apakah itu? Bagian daun yang tua dan buah yang muda mengandung glikoalkaloid solanin sehingga apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan muntah, sakit perut, diare, iritasi lambung, dan gangguan lainnya.

Manfaat Ranti atau leunca untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayunin Jafar