Manfaat Tauge untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Tauge, toge, atau capar merupakan kecambah dari biji-bijian, seperti : biji kacang hijau, biji kacang kedelai, biji kacang merah, dan lain sebagainya. Tauge biasanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang menambah cita rasa tersendiri pada masakan. Beberapa makanan menjadi lebih enak ketika ditambahkan tauge, misalnya : soto, lumpia, rawon, tahu tek telur, dan lain sebagainya. (Tips memasak Tauge agar Renyah dan Enak)
Bahkan ada makanan favorit masyarakat justru menggunakan bahan utama kecambah, seperti : lonthong balap. Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa ibu mengolah tauge sebagai tumis bersama aneka bahan lain, misalnya : ikan asin, teri, tempe, dan lain sesuai selera. Sebenarnya, apa sich keistimewaan tauge sehingga banyak yang menyukainya?
Ternyata tauge memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dari bijinya, misalnya : protein. Loh, kok bisa ya? Karena selama berproses menjadi kecambah, akan terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun dari protein. Selain itu, kandungan gizi lainnya adalah : Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, kalsium, zat besi, folat, kalium, serat, magnesium, asam amino, dan protein.
Meskipun baik, namun khusus bagi seseorang yang menderita asam urat, mereka harus hati-hati ketika mengonsumsi tauge karena umumnya kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar asam urat. Nah, agar semakin jelas, yuk kita simak manfaat tauge untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Mencegah Penyakit kanker usus

Kandungan serat dai air yang tinggi membuat tauge membantu melancarkan pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga zat karsinogen (penyebab kanker tidak berkesempatan menempati dinding usus.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan sapomin dalam tauge sangat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Mencegah penyakit osteoporosis

Kandungan coumestrol (estrogen alami) dalam tauge dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)

Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan zat atioksidan dalam tauge dapat membantu tubuh dalam menangkal serangan radikal bebas dengan cara meningkatkan system imunitas tubuh.

Meningkatkan kesuburan

Dari jaman dahulu tauge dipercaya mampu meningkatkan kesuburan, hal itu karena kandungan vitamin E yang tinggi.

Kecantikan kulit

Kandungan vitamin E dan C dalam tauge sangat membantu menjaga kecantikan kulit, misalnya : membantu mengurangi jerawat dan flek hitam, menghaluskan kulit, meremajakan kulit, dan lain sebagainya.
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.
Manfaat Tauge untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown