Rahasia Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Daribuahdaun - Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman Selasih? Selasih yang memiliki nama ilmiah Ocinum ini memiliki bentuk mirip dengan tanaman Kemangi. Meskipun begitu, selasih bukanlah kemangi loh, bedanya bunga kemangi berwarna putih dan bunga selasih berwarna cokelat kehitaman. Jika Kemangi dimanfaatkan daunnya, maka selasih dimanfaatkan bagiaan bijinya.  Biji selasih biasa dimanfaatkan sebagai campuran Es atau puding. Meskipun terlihat kecil, namun jangan pandang sebelah mata Biji Selasih ya, karena ternyata didalamnya terdapat kandungan yang luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Biji Selasih

Mungkin tak banyak yang tahu, apa sajakah kandungan gizi pada biji selasih, yang diantaranya : Vitamin, lemak, mineral penting, karbohidrat, serat dan senyawa penting, seperti : eugenol, tymol dan metal eugenol.

Cara Mengolah Selasih

Agar bisa dinikmati, Anda harus mengolah biji selasih terlebih dahulu. Caranya : rendam biji selasih ke dalam air selama 1 jam atau lebih hingga mengembang dan muncul selaput bening keputihan di bagian pinggir biji. Setelah itu, Anda bisa menjadikan biji selasih sebagai campuran es caampur, pudding atau cemilan lainnya.

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Setelah mengethaui berbagai kandungan nutrisi dalam biji selasih, kini saatnya kita mengetahui juga apa saja manfaat biji selasih untuk kesehatan berikut ini :

Menghilangkan efek nikotin

Ingin berhenti merokok? Selasih bisa dimanfaatkan untuk membersihkan efek nikotin dalam tubuh perokok loh. Jadi, usaha Anda untuk berhenti merokok akan sangat terbantu dengan rutin mengonsumsi biji selasih.

Meningkatkan system imun tubuh

Kandungan Vitamin dan antioksidan dalam biji selasih sangat bermanfaat membantu meningkatkan system imun tubuh.

Menghaluskan kulit

Biji selasih sangat ampuh membantu menghaluskan kulit. Caranya mudah, cukup haluskan biji selasih, campurkan dnegan madu dan oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Menurunkan kadar gula darah

Kandungan sertaa dalam biji selasih dapat mengontrol nafsu makan dan menjaga kadar gula darah agar dalam kondisi normal.

Menguatkan tulang

Biji selasih mengandung kalsium yang bagus untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah masalah kesehatan tulang.

Membantu program diet

Kandungan serat dalam biji selasih snagat bagus untuk membantu mengenyangkan lebih lama. Oleh karena itu, bisa menjadi makanan alternative saat diet.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam biji selasih sangat bagus untuk membantu melancarkan system pencernaan dan mencegah sembelit dan masalah buang air besar.

Menyembuhkan luka dan infeksi kulit

Biji selasih mengandung minyak alami yang bermanfaat mengatasi luka dan infeksi kulit. Caranya cukup dengan menumbuk halus biji selasih dan mengoleskan pada luka.
Mengejutkan ya, ternyata banyak rahasia sehat dari biji selasih yang imut. Semoga informasi yang berjudul Rahasia Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Rahasia Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown