Jangan Abaikan Biji Mahoni, Ini Khasiatnya Untuk Kesehatan

DariBuahDaun-Mahoni (Sky fruit) atau yang sering dikenal dengan buah tunjuk langit merupakan buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Kebanyakan orang hanya menganggap pohon mahoni sebagai tanaman peneduh dan kayunya untuk kepentingan mebel. Padahal ada yang lebih bermanfaat dari itu, yakni bijinya. Sayangnya kebanyakan orang lebih sering mengabaikan biji mahoni, bahkan memilih membuangnya di tempat sampah. Padahal biji mahoni sangat kaya akan gizi, diantaranya : protein, flavonoid, saponin, Vitamin, karbohidrat, enzim, asam lemak esensial, mineral, dan masih banyak nutrisi penting lainnya. 

khasiat biji mahoniBasmi Kolesterol dan Racun berbahaya dengan Biji Pepaya
Untuk memanfaatkan buah mahoni, Anda bisa memecah kulit luarnya, kemudian membuka dari kulit lapisan dalam untuk mengambil bijinya yang berwarna putih. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan cara menumbuk hingga halus dan menyeduhnya dalam air panas, atau bisa juga dengan memasukkan ke dalam kapsul. Meski rasanya pahit, namun didalamnya mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, diantaranya :

Melancarkan peredaran darah

Kandungan flavonoid dalam buah mahoni sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan timbunan lemak dalam pembuluh darah serta menangkal radikal bebas.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dan saponin dalam buah mahoni ampuh mencegah berbagai pennyakit dengan cara meningkatkan system kekebalan tubuh. Selain itu juga membantu memperlambat proses pembekuan darah.

Mengatasi alergi kulit

Biji mahoni memiliki sifat anti jamur dan astringent sehingga ampuh mengatasi masalah alergi kulit yang membandel. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau dengan mencampur bubuk biji mahoni, kemudian mengoleskan pada kulit yang alergi.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavonoid dalam biji mahoni berkhasiat mengikis lemak jahat dan kolesterol pada pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung dan jantung coroner bisa berkurang.

Mengatasi kram menstruasi

Kandungan flavonoida dan mineral penting dalam biji mahoni ampuh mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Karena itu, Anda tidak perlu membeli obat-obatan mahal untuk meredakan nyeri, cukup konsumsi biji mahoni saja, niscaya masalah Anda akan teratasi.

Diabetes

Biji mahoni juga mempunyai kemampuan sebagai astringent yang membantu mengendapkan protein pada selaput lendir usus dan membentuk lapisan khusus yang melindungi usus sehingga menghambat peningkatkan glukosa dalam darah.

Melindungi dari Penyakit hati

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, Saponin dalam biji mahoni juga bermanfaat untuk melindungi hati dari infeksi dan penyakit yang berbahaya.
Selain manfaat yang disebutkan diatas, masih banyak manfaat lain dari Biji mahoni untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Jangan Abaikan Biji Mahoni, Ini Khasiatnya Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown