12 Manfaat Luar Biasa Daun Singkong Untuk Kesehatan

Dari Buah dan Daun - Pernahkah Anda menikmati aneka kreasi dari bahan singkong? Singkong sangat mudah kita jumpai didaerah indonesaia yang beriklim tropis. Singkong sering dipakai untuk menu penganti nasi karena kandungan karbohidratnya tinggi, karena itu tak heran jika singkong memiliki nilai ekonomis tinggi ketika sudah diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, misalnya : singkong keju, keripik singkong, singking Thailand  dan olahan nikmat lainnya. Ternyata tidak hanya singkongnya saja yang bermanfaat, karena daunnya juga bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan pastinya kaya manfaat. 


Mungkin tak banyak yang tahu, apa saja sich manfaat yang terkandung dalam daun singkong? Daripada penasaran, mending simak langsung 12 Manfaat Luar Biasa Daun Singkong Untuk Kesehatan, berikut ini :

1.    Mengatasi Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit pembunuh yang banyak terjadi di indonesia. Daun singkong  menurut penelitian para ilmuan,  merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis  daun yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.

2.    Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun Singkong  cukup banyak mengandung vitamin C sehingga Olahan daun singkong dapat meningkatkan data tahan tubuh  yang akhirnya membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga olah raga yang cukup.

3.    Menyehatkan mata

Mata anda kurang sehat? Konsumsi daun singkong, karena Daun singkong mengandung banyak vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata. Caranya mudah kok,  hanya dengan mengkonsumsi daun  ini rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk olahan apapun.

4.    Mencegah osteoporosis

Untuk Anda yang berusia 40 tahun keatas perbanyak konsumsi daun singkong karena Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang kuat maka otomatis anda akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.

5.    Penyembuh Luka

Penderita diabetes yamg mempunyai gangrene sangat dianjurkan mengkonsumsi daun singkong karena  daun singkong merupakan daun yang kaya akan kandungan serat dan zat besi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang mampu mempercepat pengeringan luka. Selain dapat mempercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimumkan terbentuknya bekas luka. Tentu hal ini sangat penting karena bekas luka sering kali mengganggu percaya diri anda.

6.    Mengobati anti kepala

Sering sakit migraine aatau sakit kepala konsumsi daun ini Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun ini dalam bentuk daun singkong rebus dan jangan sekali kali mengolahnya menjadi makanan yang mengandung santan. Karena santan kelapa dapat mengakibatkan sakit kepala yang berlebih

7.    Memperlambat proses penuaan dini

Daun singkong memiliki kandungan Asam amino essensial yang merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

8.    Untuk Diet

Bagi yang menjalankan Diet Sehat,  Anda perlu konsumsi Daun Singkong, karena daun ini mempunyai kandungan serat dan protein yang tinggi

9.    Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat dan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial yang ada di daun singkong, sangat membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas.

10.    Membantu Metabolisme Tubuh

Daun singkong merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat besar, ia adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh.

11.    Baik Untuk Pencernaan

Hampir semua orang tau bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitu juga dengan daun singkong. Konsumsi rutin daun singkong juga akan memberikan efek yang cukup baik untuk pencernaan kita.

12.    Penambah Darah

Anda penderita Anemia coba daun singkong?  Daun singkong adalah sayuran penambah darah yang sangat ampuh menambah darah jika anda sedang terkena anemia.
Cukup banyak kan manfaat dari daun singkong? Daun singkong yang lezat juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsinya. Oleh karena itu, Anda jangan ragu untuk mengkonsumsinya apalagi menganggap daun singkong sayuran yang tidak berguna karena harganya yang sangat murah. Murah tapi kaya manfaat.
Baca Artikel Keren Lainnya
Manfaat Luar Biasa Jambu Air bagi Kesehatan
Mengenal 7 Manfaat Jagung Muda untuk Kecantikan Kulit
Basmi Racun dan Kolesterol dengan Biji Pepaya
Stop Buang Biji Semangka! Ini Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Tersembunyi Cabai Ijo untuk Jaga Kesehatanmu
12 Manfaat Luar Biasa Daun Singkong Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown