8 Keunggulan Ubi Ungu, Salah Satunya Anti Kanker

Ubi ungu termasuk satu jenis umbi-umbian yang cukup populer, karena banyak sekali produk cemilan yang menggunakan bahan pokok ubi ungu, diantaranya : cake, pudding, bakpo, keripik, donat, dan lainnya. Pemilihan ubi ungu bukanlah tanpa alasan, karena ternyata ubi ungu memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan ubi jenis lainnya. Dalam ubi ungu terdapat kandungan nutrisi yang sangat beragam, dari mulai karbohidrat, serat, betakaroten, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, mangan, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, zinc, dan masih banyak yang lainnya. 

Jika selama ini Anda meremehkan ubi ungu, maka sebaiknya simak beberapa keunggulan ubi ungu yang akan kita bagikan berikut ini :

1.    Menyehatkan saluran pencernaan

Dalam ubi ungu terdapat kandungan antosianin yang bersifat antioksidan dan berfungsi meningkatkan bakteri baik bagi saluran pencernaan.

2.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam ubi ungu tidak hanya menyehatkan pencernaan, tapi juga mneingkatkan system kekebalan tubuh.

3.    Mencegah Diabetes

Ubi jalar mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan jika ubi ungu bermanfaat mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin pada penderita kencing manis atau diabetes.

4.    Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A dan betakaroten dalam ubi ungu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sedangkan vitamin C dan E membantu mencegah kerusakan degenerative.

5.    Menurunkan tekanan darah tinggi

Warna ungu pada ubi ungu menunjukkan tingginya kandungan antioksidan didalamnya, yang diantaranya : karotenoid, antosianin dan asam fenolik. Selain itu, dalam ui ungu juga terdapat kandungan kalium tinggi yang kesemua itu sangat bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi.

6.    Menjaga berat badan

Ubi ungu kaya akan serat aami yang mengenyangkan perut lebih lama sehingga sangat bagus untuk Anda yang sedang diet.

7.    Mencegah dan mengobati kanker

Dalam ubi ungu terdapat kandungan anti kanker tinggi, diantaranya : antosianin, sianidin dan peonidin yang ampuh menghambat sel-sel kanker. Sebisa mungkin konsumsi ubi ungu yang masih segar karena kandungan antikankernya masih utuh.

8.    Antiradang / antiinflamasi

Mengonsumsi ubi ungu secara rutin dapat mengurangi risiko peradangan atau inflamasi pada pria dan juga kerusakan DNA.
Setelah mengetahui beragam keunggulan ubi ungu diatas, masihkah Anda enggan mengonsumsinya? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : kandungan ubi ungu, manfaat ubi ungu, ubi ungu cegah kanker, kandungan gizi ubi ungu, ubi ungu untuk diet, ubi ungu untuk diabetes, ubi ungu untuk hipertensi
8 Keunggulan Ubi Ungu, Salah Satunya Anti Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi mama punya cerita