Anak susah makan? Atasi dengan bahan alami ini

DariBuahDaun-Asupan makanan sehat bergizi menjadi salah satu yang wajib diperhatikan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, untuk urusan makan, tidak semua anak mengerti dan mau menuruti apa yang diinginkan orang tuanya.  Ada yang suka pilih-pilih makanan, adapula yang tadinya suka makan tapi tiba-tiba jadi kurang nafsu makan. Umumnya, kurang nafsu makan pada anak terjadi akibat perubahan pola makan atau bisa juga disebabkan karena penyakit, misalnya : radang tenggorokan, demam, dan lain sebagainya. Menurunnya nafsu makan pada anak harus segera diatasi, karena tidak hanya mengganggu kesehatan tapi juga system pertumbuhan. (Jangan remehkan Buah Cermai, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan)
Saat ini sudah banyak vitamin atau obat-obatan penambah nafsu makan yang dijual di apotek atau toko obat, namun sayangnya tidak semua anak menyukainya. Tidak perlu pusing, karena ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, diantaranya : (Cara Mengobati Diare Pada ANak dengan bahan-Bahan Alami)

Temulawak

Temulawak termasuk satu rempah yang paling ampuh membantu meningkatkan nafsu makan anak. Hal itu karena kandungan zat aktif curcumin didalamnya yang membantu meningkatkan aktivitas enzim pencernaan sehingga dapat menambah nafsu makan. Caranya hampir sama, yakni : kupas temulawak dan iris tipis, lalu jemur hingga kering. Rebus dalam air hingga mendidih, dan minumkan air rebusannya pada anak.

Kunyit putih

Kandungan nutrisi dalam kunyit putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan lambung sehingga perut terasa nyaman dan nafsu makan semakin meningkat. Caranya : Kupas kunyit putih, iris tipis-tipis, lalu jemur hingga kering. Cuci bersih dan rebus kunyit putih, lalu minumkan air rebusannya secara rutin pada anak. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan gula pasir atau madu. Atau bisa juga dnegan cara menghaluskan 2 rimpang temulawak, peras airnya dan tambahkan madu, kemudian berikan pada anak.

Daun pepaya

Daun pepaya mengandung vitamin A, Vitamin B1, protein, kalsium, lemak, fosfor dan kalori yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak. Rasanya mungkin tidak terlalu enak atau pahit, tapi Anda bisa mengantisipasinya dnegan menambah gula pasir atau madu. Cara membuatnya : Pilih daun pepaya muda, tambahkan sedikit garam dan air, kemudian blender atau remas-remas hingga halus. saring dan minumkan pada anak.

Daun kenikir

Selain daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun kenikir untuk menambah nafsu makan anak. Rasanya lumayan, tidak sepahit daun pepaya. Anda bisa menjadikan daun kenikir sebagai lalapan atau diperas airnya sebagaimana pada daun pepaya.
Selain memanfaatkan ramuan alami penambah nafsu makan diatas, ada baiknya para orang tua juga memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Semoga anak-anak bisa tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit akibat nafsu makan berkurang.

Sumber gambar : apakabarsidimpuan.com
Anak susah makan? Atasi dengan bahan alami ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown