Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

DariBuahdan daun -  Jengkol termasuk satu bahan makanan yang banyak disukai namun juga dibenci sebagian orang. Hal itu karena aroma khasnya, dimana setelah mengonsumsi jengkol seringkali menimbulkan bau mulut dan aroma urine yang lebih menyengat. Meski memiliki aroma yang special, bukan berarti Anda harus menjauhinya loh, karena Jengkol tidak hanya enak tapi juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Ingin tahu lebih legkap tentang jengkol, kandungan nutrisi  didalamnya dan juga manfaatnya? Simak kelanjutan artikel yang berjudul Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan ini yaa…

Kandungan Nutrisi Jengkol

Jangan pernah remehkan, apalagi memandang  sebelah mata pada jengkol, karena didalamnya mengandung nutrisi yang luar biasa, diantaranya :  protein, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, tannin, saponin, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat luar biasa Jengkol Bagi Kesehatan

Dari beragam kandungan nutrisi jengkol yang sudah disebutkan diatas,  kita pasti sudah tahu betapa besarnya manfaat sehat didalamnya. Agar lebih jelasnya, simak Manfaat luar biasa Jengkol Bagi Kesehatan, berikut ini :

Menguatkan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis

Dalam jengkol terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, diantaranya : kalsium dan fosfor. Kedua zat ini berkhasiat menambah massa tulang dan mencegah penyakit keropos tulang (osteoporosis)

Mencegah gigi berlubang 

Kandungan fosfor yang tinggi dalam jengkol snagat  berkhasiat mencegah gigi berlubang dan  membuat gigi  lebih kuat. 

Mencegah penyakit diabetes dan Jantung

Dalam jengkol terkandung gula alami yang  bermanfaat menjaga kadar gula darah dan kandungan zat tertentu yang bersifat diuretik sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. 

Mencegah dan menyembuhkan Anemia

Kekurangan zat besi akan  membuat seseorang mudah lelah, lemas, mengantuk dan tidak bersemangat. Jengkol kaya akan zat besi yang sangat bagus untuk membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Karena itu, agar Anda terhindar dari anemia Anda bisa mendapatkan asupan  zat besi dari jengkol.

Mencegah kanker

Jengkol kaya akan kandungan vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan, dimana ia bertugas menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu penyakit  kanker.

Melancarkan sirkulasi darah

Akibat penyempitan pada pembuluh darah, maka jantung akan mengalami masalah. Nah,  kandungan mineral dalam jengkol sangat berkhasiat membantu melebarkan pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

Dalam jengkol terkandung protein nabati yang cukup tinggi dibandingkan kacang kedelai dan kacang hijau sehingga snagat membantu tubuh dalam memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak.

Efek Samping Makan Jengkol yang wajib Anda tahu

Dialik kelebihannya, pastilah ada beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat konsumsi jengkol, diantaranya : menyebabkan bau mulut tak sedap, bau kencing yang menyengat dan asam jengkolat yang mengakibatkan tersumbatnya saluran kencing oleh cristal yang sulit diurai oleh ginjal. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel keren lainnya :
Pisang, Buah Surga yang Berkhasiat bagi Kesehatan dan Kecantikan
Rahasia Sehat Buah Juwet yang Wajib Anda tahu
Manfaat Luar Biasa Kulit Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan
Basmi Racun dan Kolesterol dengan Biji Pepaya
Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown