Buah Dan Sayur yang Sehat dan Aman untuk Penderita Maag

Daribuahdaun-Menderita penyakit maag seringkali membuat seseorang merasa bingung saat mengonsumsi makanan, karena ada beberapa makanan yang justru menyebabkan perut sakit dan tidak nyaman, misalnya makanan asam, pedas dan terlalu berminyak. Sakit maag atau radang lambung merupakan satu kondisi dimana terjadi luka atau peradangan pada dinding lambung yang menimbulkan rasa tidak nyaman, misalnya  : sakit, nyeri perut dan mulas. Dibandingkan minum obat-obatan, memilih makanan sehat jauh lebih baik karena dapat menjaga dan menurunkan asam lambung.


Ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu menjaga dan menurunkan kadar asam lambung, yakni : buah dan sayur. Ingin tahu, apa sajakah buah dan sayur yang bagus untuk penderita sakit maag? Simak Buah Dan Sayur yang Sehat dan Aman untuk Penderita Maag berikut ini  :

1.    Apel

Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun kandungan nutrisi dan enzim dalam buah apel sangat bagus untuk membantu menetralkan asam lambung sehingga buah ini sangat bagus untuk penderita sakit maag.  Mengonsumsi apel dapat menenangkan perut dan mengurangi nyeri pada tenggorokan. Jangan lupa cuci bersih agar apel bebas dari sisa pestisida yang memperburuk kondisi lambung Anda.

2.    Pisang

Buah Pisang termasuk buah yang bagus untuk penderita maag, karena kandungan kalium dalam buah pisang bisa membantu menyeimbangkan ph dalam lambung.

3.    Pepaya

Buah Pepaya sangat bermanfaat untuk penderita maag, karena memiliki kemampuan mendinginkan perut. Hal itu karena kandungan enzim papain yang berkhasiat meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam asetat dapat berfungsi  mengobati sakit lambung.

4.    Brokoli

Brokoli termasuk satu jenis sayuran yang bagus untuk penderita maag. Hal ini karena kandungan kalium dan zat sulfur yang dapat meringankan derita sakit maag. Selain itu, kandungan Vitamin C dalam brokoli  dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5.    Wortel

Wortel termasuk sayuran yang bagus untuk penderita sakit maag, karena dapat mengatasi tukak lambung. Anda bsia mengonsumsi wortel sebagai sayuran atau jus yang sehat.

6.    Mangga

Mangga termasuk buah yang  nikmat dan bermanfaat untuk  sakit maag. Hal ini karena kandungan antioksidan dan anti inflamasi alaminya yang berkhasiat mendinginkan perut.

7.    Semangka

Buah semangka kaya akan kandungan air, vitamin dan juga citrulline asam amino yang berkhasiat menenangkan lambung.

8.    Kol

Kol juga termasuk sayuran yang sehat untuk penderita maag, karena kandungan asam amino glutamin yang berkhasiat mengobati radang lambung, meningkatkan aliran darah, dan menutrisi sel-sel lambung.

9.  Alpukat


Alpukat kaya akan kandungan vitamin A, C, B komplek, E, dan D yang tidak hanya menghadirkan rasa nyaman tapi juga sangat ampuh  untuk mengobati sakit maag.  Anda bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau menjadikannya sebagai jus. Agar lebih sempurna, Anda bsia menambahkan madu didalamnya.

Dengan memilih makanan sehat dan ramah pada lambung diatas, diharapkan derita sakit maag akan berkurang atau sembuh. Semoga informasi yang berjudul  Buah Dan Sayur yang Sehat dan Aman untuk Penderita Maag diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Buah Dan Sayur yang Sehat dan Aman untuk Penderita Maag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown