Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya

Daribuahdaun-Pernahkah Anda kenal dengan Cilukan? Ciplukan merupakan tanaman  liar yang biasa tumbuh bersama rerumputan. Ciplukan memiliki buah yang berbentuk bulat kecil dan rasanya  manis jika sudah  matang. Meskipun sekilas mirip gulma, namun Anda tidak boleh meremehkan tanaman ini, karena didalamnya mengandung manfaat yang luar biasa. Bahkan, beberapa minggu yang lalu, di media social Facebook sempat ada yang menyebutkan  harga buah cilukan yang cukup fantastis, yakni 500 ribu/kg. Ternyata tidak hanya buahnya saja, karena daun dan akar tanaman ciplukan juga mengandung manfaat sehat. Hem, amazing ya, padahal  Ciplukan sering dipandang sebelah mata, bahkan dianggap sebagai rumput pengganggu.
Kira-kira apa saja sich manfaat sehat yang terkandung dalam ciplukan? Agar lebih jelasnya, simak terus kelanjutan  artikel yang berjudul  Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya berikut ini:

1.    Menjaga kesehatan mata dan kulit

Buah ciplukan kaya akan vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain itu, kandungan  dalam biji cilukan juga berkhasiat menetralkan racun sehingga sangat bagus untuk  kesehatan tubuh.

2.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Tidak hanya kaya  Vitamin A, ciplukan  juga kaya akan  kandungan Vitamin C sehingga tidak hanya membantu menjaga kecantikan kulit, tapi juga membantu meningkatkan kekebalan  tubuh.

3.    Meredakan  batuk

Terganggu dengan  batuk yang tak kunjung sembuh? Cobalah atasi dengan tanaman ciplukan. Caranya  cukup merebus tanaman ciplukan, kemudian  rutin meminum air rebusannya. 

4.    Meluruhkan air seni

Susah buang air kecil?  Tidak perlu cemas,  karena Anda bisa mengatasinya dnegan minum  air rebusan tanaman cipklukan, karena salah satu khasiatnya adalah diuretik atau membantu meluruhkan air seni.

5.    Mengatasi  luka atau peradangan di kulit

Daun ciplukan memiliki sifat  sebagai  anti  analgesic  sehingga membantu meredakan rasa nyeri akibat luka atau peradangan. Caranya cukup menghaluskan daun ciplukan, kemudian balurkan pada luka.

6.    Mengobati diabetes melitus

Seluruh tanaman cilukan mengandung manfaat sehat, salah satunya untuk menormalkan kadar gula darah. Caranya cukup rebus  tanaman  ciplukan, saring airnya dan minum setiap  pagi dan sore.

7.    Kaya serat

Buah ciplukan termasuk buah yang kaya serat loh, sehingga bagus untuk teman pendamping Anda saat diet karena membantu kita merasa kenyang  lebih  lama.
Hem, pasti Anda tidak pernah menduga jika dibalik penampilannya yang sederhana, ternyata  Ciplukan mengandung khasiat yang  luar biasa untuk kesehatan.  Semoga informasi yang berjudul Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya diatas dapat bermanfaat  bagi kita semua.

Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown