Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak kenal dengan bunga matahari? Yups, bunga dengan warna kuning cerah dan berbentuk mirip matahari ini memang cukup terkenal akan kecantikannya. Tidak hanya itu, ternyata bunga matahari memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga cantik yang memiliki nama latin Helianthus annuus Linn ini memiliki biji yang super nikmat dijadikan cemilan, dan diolah menjadi minyak yang melezatkan masakan.
Kandungan gizi dalam minyak bunga matahari sangat besar, antara lain Vitamin A, C, D, E, betakaroten, dan asam lemak esensial. Oiya, ngomongin tentang manfaat bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan, tidak afdol rasanya kalau kita tidak membaca penjelasan lengkapnya berikut ini :

Manfaat Bunga Matahari untuk kesehatan  

Baik untuk Jantung

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam bunga matahari sangat baik untuk menjaga tubuh dari penyakit kardiovaskular. Vitamin E sendiri merupakan antioksidan terbaik untuk membantu menangkal radikal bebas akibat oksidasi kolesterol.

Anti inflamasi

Biji bunga matahari mengandung Vitamin E yang mempunyai efek antiinflamasi sehingga ampuh mencegah  gejala asma, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan lain sebagainya.
Mencegah penyakit Kanker
Biji bunga matahari mengandung selenium dan antioksidan terkuat yang berkhasiat mencegah pertumbuhan sel kanker dan melindungi tubuh dari kanker. Selian itu, Vitamin E yang tinggi dalam biji matahari juga terbukti ampuh mengurangi risiko kanker prostat, kanker usus besar dan kanker lainnya.

Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi dalam biji bunga matahari sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mengurangi pusing dan tekanan darah tinggi

Magnesium dalam biji bunga matahari juga bermanfaat mengatasi pusing kepala, migraine, dan tekanan darah tinggi. Kandungan asam aminonya juga memberi efek menenangkan dan mengurangi ketegangan.

Manfaat Bunga Matahari untuk Kecantikan

Melembabkan Kulit

Minyak bunga matahari bisa bekerja sebagai emoliem yang efektif bagi kulit. Jadi kulit Anda akan terhindar dari masalah kering/bersisik. Dnegan rutin mengoleskannya ke kulit, niscaya kulit akan lebih halus, lembut, dan terjaga kelembabannya.

Mengatasi masalah jerawat

Punya masalah dengan jerawat membandel? Jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan minyak bunga matahari yang berkhasiat melapisi dan melindungi kulit dari paparan bakteri penyebab jerawat.

Melindungi dari sinar UV

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam bunga matahari membuatnya terlindung dari kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV matahari dan kandungan betakarotennya jugga membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Vitamin E dan antioksidan dalam minyak bunga matahari tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan, tapi juga mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti : keriput,kulit kasar, kering, bintik hitam. 
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua
Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown