Manfaat Bawang putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak kenal bawang putih? Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai penyedap alami masakan, tapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman yang memiliki nama Latin Allium sativum L. selalu bersanding mesra dengan bawang merah, karena keduanya memang berfungsi menyedapkan semua masakan.

Kandungan Gizi Bawang Putih

Bawang putih memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan, karena didalamnya terkandung beberapa zat gizi, antara lain : Kalsium, Zat besi, fosfor, seng, mangan, selenium, Vitamin A (Beta-karoten), protein, lemak, energi, serat, Energi, karbohidrat, Thiamin (Vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B2), Niacin (Vitamin B3), Vitamin B5 (Asam pantotenat), Vitamin B6, Asam folat (Vitamin B9), Vitamin C, kalium dan magnesium.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengatasi  Diabetes

Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darahnya selalu dalam kondisi normal. Nah, mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari akan  membantu menormalkan kadar gula darahnya.

Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran tubuh yang lancar akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Nah, agar aliran darah tetap lancar, Anda bisa menjaganya dengan rutin mengonsumsi bawang putih, baik mentah atau dicampur dalam bumbu masakan.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau infeksi kulit memang mengganggu dan membuat rasa percaya diri berkurang. Nah, jangan kawatir, karena Anda bisa mengatasinya dnegan bawang putih. Caranya dnegan mengoleskan pasta bawang putih pada kulit yang bermasalah. Meski demikian, jangan terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan efek negatif.

Menyembuhkan flu dan pilek

Bawang putih mengandung antioksidan yang kuat sehingga membantu tubuh menangkal penyakit. Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau menyeduh dengan air panas bersama madu.

Menetralisir Racun

Racun dalam tubuh harus dikeluarkan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Nah, rutin mengonsumsi bawang putih akan membantu tubuh dalam mengeluarkan racun sehingga tubuh akan lebih sehat.

Mengatasi jerawat

Bawang putih mengandung senyawa anti bakteri dan anti viral yang berkhasiat mengurangi peradangan di kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dnegan menghaluskan bawang dan mengoleskannya pada kulit wajah.

Menghaluskan Kulit

Bawang putih mengandung allicin yang bermanfaat menghaluskan dan melembutkan kulit serta mengatasi  masalah strech-marks. Caranya hampir sama dnegan yang diatas, yakni menghaluskan bawang  hingga menjadi pasta dan mengoleskan secara merata pada kulit wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dalam bawang putih sangat membantu menjaga kulit wajah dan menghindarkannya dari tanda-tanda penuaan dini.
Semoga informasi tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Manfaat Bawang putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown