Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang berbentuk rimpang dan termasuk dalam kelompok temu-temuan. Kencur memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga termasuk dalam kerajaan Plantae dan negara aslnya adalah India. Di Indonesia sendiri, kencur dapat tumbuh subur di dataran rendah atau tinggi adalkan memiliki kelembaban tanah yang cukup dan tidak terlalu banyak air. Kencur biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, minuman obat/jamu, dan lain sebagainya.

Kandungan kimia dalam kencur

Kencur memiliki kandungan kimia yang cukup banyak dan bermanfaat untuk kesehatan, misalnya : minyak atsiri, alkaloid, mineral, methanol, pati, ester, asam metil kanil, asam sinamat, paraumarin, Gom, borneol, penta dekaan, dan lain sebagainya.
Kandungan dalam kencur membuatnya dimanfaatkan lebih dari sekedar bumbu dapur, tapi juga sebagai obat tradisional, dan campuran produk kosmetik.

Manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan

Kencur biasa dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan anak, obat batuk, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Nah, agar lebih jelasnya, simak manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :
Mengobati Batuk
Kencur bisa menyembuhkan batuk dnegan cepat, caranya dengan mengunyah secara langsung setelah dikupas atau dengan menghaluskan dan memerah airnya dan diminum airnya bersama tambahan madu/gula batu.

Mengatasi perut kembung atau masuk angin

Masalah perut kembung dan masuk angin juga bisa diatasi dengan kencur. Caranya adalah dengan mengonsumsi secara langsung atau menghaluskannya kemudian disaring airnya dan dibubuhi garam. Kemudian minum bersama air hangat.

Membersihkan darah kotor

Darah kotor dapat menyebabkan masalah kulit yang sulit disembuhkan. Nah untuk mengatasinya, And abisa memanfaatkan kencur, yakni dengan merebus kencur bersama cengkeh kering, adas, dan daun trengguli. Minum secara teratur rebusan tersebut, niscaya penyakit darah kotor bisa diatasi.

Mengatasi diare

Tumbuk kencur dan bawang merah sampai halus, lalu masukkan dalam daun pisang dan bakar hingga hangat. Lalu oleskan isinya secara merata pada perut Anda. Niscaya mulas dan diare akan berkurang.

Mengatasi keseleo

Haluskan kencur, kemudian bobokkan pada bagian yang sakit karena keseleo sembari diurut lembut.
Mengatasi radang tenggorokan
Haluskan kencur, kemudian tambahkan air dan saring. Tambahkan madu dan minum secara teratur tiga kali sehari.

Mengatasi jerawat

Parut kencur hingga halus, bubuhkan ke area wajah sebagai masker. Lakukan perawatan secara teratur sebelum tidur. Selain itu Anda juga bisa menggosokkan secara langsung potongan kencur pada wajah yang berjerawat.

Melangsingkan tubuh

Kencur juga berkhasiat membantu menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing dna singset. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai minuman beras kencur, yakni mencampur tepung beras dan kencur, serta gula merah. Minum secara teratur akan membuat tubuh terjaga dari obesitas.
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown