Manfaat Luar Biasa Rambutan, Dari Mulai Buah, Batang, Kulit dan Bijinya

DariBuahDaun-Siapa sich yang tidak suka dengan buah rambutan? Buah dengan warna merah dan rasa yang manis menyegarkan ini termasuk buah favorit di Indonesia, karena harganya yang terbilang murah. Apalagi ketika musim panen tiba, harga rambutan bisa sangat anjlok karena membludaknya hasil panen. Ternyata, tidak hanya daging buahnya yang nikmat dan kaya gizi, karena kulit dan biji buahnya juga menyimpan khasiat sebagai obat yang luar biasa nilainya.  Hem, pasti Anda heran, bagaimana mungkin buah rambutan terlihat tidak istimewa ini ternyata justru memiliki khasiat yang luar biasa?  (Bahaya Asam Urat Pada Tubuh dan Cara Mnegatasinya Secara Alami)

Kandungan Gizi Rambutan

Meskipun terlihat sepele, seluruh bagian dari buah rambutan memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Buahnya mengandung : serat, protein, lemak, karbohidrat, besi, fosfor, kalsium, Vitamin C. Kulit buah dan daunnya mengandung saponin dan juga tanin. Kulit batang rambutan mengandung flavonoida, pectic, zat besi, tanin, saponin. Biji rambutan juga memiliki kandungan gizi yang luar biasa, diantaranya : polifenol, lemak. Nah, masih ragu dnegan kemampuan buah rambutan? (Basmi Racun dan Kolesterol dengan Biji Pepaya)

Manfaat Rambutan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Obati Diabetes

Didalam biji rambutan terdapat ekstrak methanol yang mengandung senyawa flavonoid dan fenolik, dimana senyawa tersebut memiliki aktivitas hipoglikemik yang ampuh meringankan penderita diabetes. Hal itu sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono.
Waspadai 7 Penyebab Pria jadi Impoten)
Tips dan Trik disayang Suami sepenuhnya

Mengatasi sariawan

Kandungan vitamin C dalam buah rambutan sangat ampuh untuk membantu mengatasi masalah sariawan yang membandel. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi daging buah rambutan atau dnegan merebus ranting rambutan hingga mendidih, lalu gunakan airnya untuk kumur setiap hari.
Rejeki Seret? Intips Penyebab dan Solusinya Yuk!
Ingin Awet kaya dan Sukses? Hindari Perilaku yang Membuat Anda Jatuh Miskin

Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat dalam daging buah rambutan ampuh mengatasi masalah pencernaan, misalnya : susah buang air besar, sembelit, dan lain sebagainya.
Tips Memasak Sayuran hijau agar Tidak berubah Kuning
Cara Membuat Gorengan yang Sehat dan Aman dikonsumsi

Mengatasi disentri

Disentri bisa diatasi dnegan kulit rambutan, yakni : rebus beberapa kulit rambutan yang sudah dipotong-potong hingga mendidih dan menyusut airnya. Minum secara rutin setiap hari.

Meredakan demam

Kulit rambutan juga bisa membantu meredakan demam. Caranya : keringkan kulit rambutan, lalu rebus dengan air hingga mendidih dan menyusut, minumkan airnya.

Mencerahkan kulit kusam

Kulit kusam tentulah tidak menarik dilihat, karena itu Anda harus segera mengatasinya. Biji rambutan bisa membantu mengatasi masalah Anda, caranya dengan mengonsumsi biji rambutan yang sudah disangrai atau dnegan menghaluskannya dan menjadikan sebagai masker wajah. Kandungan lemaknya membantu mengembalikan kelembapan alami kulit.

Menghitamkan rambut beruban

Sebal dengan uban yang terus bertambah? Atasi dengan daun rambutan yuk. Caranya : tumbuk beberapa helai daun rambutan, tambahkan minyak zaitun dan oleskan secara merata pada rambut.
Setelah membaca beragam manfaat buah rambutan diatas, pastinya Anda tidak akan meremehkan buah rambutan lagi khan? Semoga bermanfaat yaa!
Sumber gambar Rambutan/www.stikes.com
Manfaat Luar Biasa Rambutan, Dari Mulai Buah, Batang, Kulit dan Bijinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown