Rahasia Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun - Pernahkah Anda mendengar tentang khasiat alang-alang? Alang-alang termasuk satu jenis rumput liar yang memiliki ciri daunnya tipis dan panjang. Alang-alang yang dalam bahasa latin disebut Imperata cylindrical ini termasuk tanaman pengganggu atau gulma bagi para petani.  Meskipun begitu, jangan pernah meremehkan atau memandang sebelah mata pada tanaman yang satu ini ya, karena ternyata didalamnya mengandung manfaat yang luar biasa  bagi kesehatan.
Hem, mungkin sebagian dari Anda masih bingung, bagaimana mungkin Alang-alang si rumput liar justru mengandung manfaat bagi kesehatan? Ternyata dalam tanaman alang-alang terkandung  nutrisi dan zat penting, yakni : natrium, kalsium, flavonoida, isoflavon, tannin, protein, serat, cylindol A, graminone B, imperanene, dan masih banyak kandungan lainnya. Beragam nutrisi tersebut sangat  bermanfaat bagi kesehatan,  antara lain  :

1.    Peluruh kencing

Pernah mengalami susah buang air kecil? Tidak perlu bingung, karena Anda bisa memanfaatkan  tanaman Alang-alang. Sifat diuretic dalam alang-alang bermanfaat sebagai peluruh kencing  sehingga  masalah Anda bisa teratasi dengan baik.  Caranya :  cukup  merebus  akar alang-alang, saring airnya dan minum  secara rutin.

2.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Alang-alang mengandung flavonoida yang berperan sebagai antioksidan alami yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, virus dan zat  merugikan dnegan cara meningkatkan kekebalan tubuh.

3.    Mengatasi diare

Kandungan Tannin dalam alang-alang sangat ampuh membantu mengobati diare. Caranya mudah, cukup merebus akar alang-alang, saring airnya dan minum  secara rutin.

4.    Melancarkan sirkulasi darah

Alang-alang memiliki kandungan yang bernama Imperanene, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan sel darah. Dengan sirlukasi darah lancar, secara otomatis akan membantu meminimalisir risiko penyakit akibat pembekuan darah.

5.    Menyehatkan jantung

Alang-alang juga mengandung graminone B yang membantu mencegah penyempitan pembuluh aorta dalam jantung sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

6.    Meredakan demam

Alang-alang mengandung sifat antripiretik atau pereda demam, sehingga sangat ampuh membantu mengatasi demam akibat peradangan ada tenggorokan, paru-paru dan lain sebagainya. Cara memanfaatkannya hampir sama, yakni  meminum air rebusannya.

7.    Mengatasi sariawan dan panas dalam

Alang-alang memiliki rasa manis alami dan bersifat sejuk sehingga sangat berkhasiat sebagai tonik yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh.
Selain 7 manfaat yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat sehat dari alang-alang ini. Jadi, untuk sehat tidak harus mahal bukan, karena banyak tanaman berkhasiat yang tidak hanya mudah didapat tapi juga kaya manfaat. Semoga informasi yang  berjudul  Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat  bagi kita semua. Baca juga 9 Khasiat Luar Biasa Buncis yang Wajib Anda Tahu
Rahasia Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown