Cara Ampuh Usir Nyamuk Membandel Di Musim Hujan

Daribuahdaun-Musim hujan menyebabkan genangan air dimana-mana. Moment ini tentu tidak akan dilewatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak. Yach, serangga yang satu ini tidak hanya mengisap darah kita, tapi juga menyebabkan gatal hingga penyakit berbahaya, seperti : malaria, DB, hingga penyakit kaki gajah. Mencegah penyebaran nyamuk harus dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih, misalnya dengan menerapkan 3M. Apakah cara itu sudah cukup untuk membuat rumah Anda bebas dari kehadiran nyamuk? Tentu saja tidak, karena itu dibutuhkan trik khusus untuk mengusir nyamuk dari rumah.
Saat ini ada banyak cara yang  bisa dilakukan untuk melindungi keluarga dari serangan nyamuk, diantaranya : menggunakan obat nyamuk seprot, obat nyamuk bakar, lotion hingga elektrik. Namun sayangnya didalamnya terdapat kandungan bahan kimia yang  dapat menimbulkan efek  samping yang kurang baik jika digunakan dalam jangka panjang. Lalu, apakah kita harus mendiamkan saja nyamuk masuk dan bebas menggigit keluarga tercinta? Tidak perlu khawatir, karena ternyata ada banyak  bahan alami di sekitar kita yang ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Agar lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel Cara Ampuh Usir Nyamuk Membandel Di Musim Hujan berikut ini :

Serai

Serai tidak hanya menyedapkan masakan, tapi juga ampuh mengusir nyamuk dari rumah Anda. Hal itu, karena kandungan zat sironelal yang dapat membahayakan nyamuk.  Cara menggunakannya juga sangat mudha, cukup geprek serai, kemudian rebus bersama air. Jadikan air rebusan serai untuk cairan penyemprot ruangan atau cairan untuk mengepel lantai. Aroma khas serai akan membuat nyamuk enggan mendekati rumah Anda.

Daun Kemangi

Daun kemangi tidak hanya nikmat dijadikan  pelengkap masakan, tapi juga ampuh membantu Anda mengusir nyamuk dari rumah. Aroma khas kemangi membuat nyamuk rela menjauh dan tidak balik lagi. Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup rebus daun kemangi secukupnya, saring airnya, tambahkan cuka/alkohol dan masukkan ke dalam botol spray. Jika tidak mau ribet, Anda bisa memanfaatkan daunnya langsung, yakni dengan menempatkannya di fentilasi udara. Aromanya yang khas akan membuat nyamuk menjauh.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki aroma yang segar, namun sayangnya  nyamuk kurang suka. Karena itu, kita bisa memanfaatkannya untuk menghalau nyamuk dari rumah. Caranya cukup haluskan kulit jeruk, saring airnya dan semprotkan di ruangan yang ingin bebas dari nyamuk. Atau bsia juga dengan mengeringkan kulit jeruk, tumbuk halus dan taburkan pada ruangan.

Tapak Dara atau Geranium

Bunga tapak dara memiliki bunga yang indah, namun kandungan zat didalamnya membuat nyamuk tidak suka. Caranya cukup tanam bunga tapak dara di teras rumah, karena aromanya akan menghalau nyamuk dari rumah Anda.

Lavender

Bunga lavender tidak hanya indah, tapi juga memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk, karena didalamnya terkandung zat Linalool dan Lynalyl acetate. Dengan menanam bunga lavender di rumah, dijamin nyamuk tidak berani datang ke rumah.  Selain  itu, bunga lavender juga bisa dijadikan obat anti nyamuk, caranya dengan menggosokkan bunga di tubuh yang ingin bebas dari gigitan nyamuk.

Daun Sirih

Daun sirih  memiliki aroma yang menyengat dan kurang disukai nyamukm karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir nyamuk dari rumah. Caran ya mudah looh,  cukup haluskan daun sirih bersama air, kemudian saring airnya dan masukkan dalam botol spray. Selain bisa disemprotkan pada ruangan, cairan ini juga bisa dioleskan pada kulit. Dijamin dech, nyamuk tidak akan berani mendekat, apalagi menggigit Anda.
Dibandingkan dengan cairan insectisida, penggunaan bahan alami untuk mengusir nyamuk dari rumah diatas tentulah lebih aman dan pastinya murah meriah. Semoga informasi yang berjudul Cara Ampuh Usir Nyamuk Membandel Di Musim Hujan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca artikel keren lainnya :
Hati-Hati, 5 Buah-Buahan Ini dapat Sebabkan Keguguran
Jangan Remehkan Ciplukan, Kenali Beragam Manfaat Sehatnya
Kecilkan Perut Buncit Dengan Buah dan Sayuran Ini
Cara Ampuh Usir Nyamuk Membandel Di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown