Manfaat Tersembunyi dari Oyong untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Oyong yang biasa disebut dengan Gambas merupakan tanaman menjalar sejenis dengan labu-labuan. Bentuk oyong panjang dan kulitnya berwarna hijau gelap dengan permukaan bersiku-siku hampir mirip belimbing, meski begitu daging oyong sangat lembut mirip spon. Di Indonesia, Oyong termasuk sayuran yang murah dan mudah didapatkan di tukang sayur ataupun pasar tradisional. Oyong dimanfaatkan sebagai sayur bening, oseng-oseng, sayur bobor, dan lain sebagainya.

Kandungan gizi Oyong

Mungkin sebagian dari Anda kurang memahami betapa besarnya kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran ini. Ternyata oyong mengandung zat gizi penting, diantaranya : energy, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serat, kalium, sodium, Vitamin K, dan masih mineral penting lainnya. 

Manfaat Oyong bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan gizi dalam Oyong yang tinggi tentulah menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, simak manfaat oyong untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium, Vitamin K, dan kalium dalam Oyong berkhasiat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Melancarkan system pencernaan

Kandungan serat almai dalam oyong yang tinggi snagat bagus untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi beberapa masalah, diantaranya : sembelit, susah BAB, dan lainnya.

Membunuh sel kanker

Kandungan Vitamin K dalam oyong bermanfaat memperlambat dan membunuh sel kanker.

Menetralkan kadar gula darah

Kandungan Cucurbitasin dan serat yang tinggi dalam Biji oyong sangat bermanfaat membantu menetralkan kadar gula dalam darah sehingga bagus dikonsumsi penderita diabetes.

Mengatasi anak cacingan

Biji oyong yang sudah tua bisa Anda manfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya dengan menghaluskan biji oyong, kemudian menyeduhnya bersama air panas dan meminumnya secara rutin.

Menurunkan tekanan darah

Kanduangan kalium atau potasium dalam sayuran ini sangat bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah sehingga cocok sekali bagi penderita hipertensi.

Mengatasi radang tenggorokan

Kandungan vitamin C dalam oyong bagus untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Caranya cukup blender oyong yang masih muda, kemudian tambahkan madu atau gula batu. Minum secara teratur hingga masalah tenggorokan bisa teratasi.

Melancarkan ASI

Kandungan nutrisi dalam oyong sangat berkhasiat membantu meningkatkan volume ASI. Jadi ketika proses menyusui, Anda bisa mencatat sayuran ini dalam list barang yang akan dibeli.

Menjaga kecantikan kulit

Kandungan vitamin A, C dan Vitamin K merupakan antioksidan alami yang membantu menjaga kecantikan kulit, misalnya : menghilangkan garis gelap di bawah mata, mencegah penuaan dini dan menghilangkan tanda penuaan kulit.
Wah, baru sadar nih, ternyata banyak sekali manfaat Sayuran oyong untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk, jangan lupa masukkan sayuran ini dalam list belanjaan Anda ya!

Manfaat Tersembunyi dari Oyong untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown