Tips dan cara Memilih Labu Kuning yang Matang dan Pulen

Labu kuning termasuk salah satu makanan yang kaya nutrisi sehingga cocok dikonsumsi siapa saja, dari mulai bayi hingga lansia. Selain gizinya lengkap, labu kuning memiliki rasa manis alami yang enak dan teksturnya juga sangat lembut. Besarnya manfaat yang bisa diperoleh dari Labu kuning membuat labu kuning banyak dipilih untuk bahan baku pembuatan aneka hidangan favorit keluarga, diantaranya : pudding, cake, bakpao, sayur lodeh, kolak, kripik, dan lainnya. Meski kita bisa menemukan labu kuning dengan mudah di pasar tradisional atau pedagang sayur, namun tak semua orang bisa memilih labu kuning yang benar-benar matang dan pulen.

Nah, disini kita akan membagikan tips dan cara memilih labu kuning yang matang dan pulen, diantaranya :

Perhatikan warna kulit labu kuning

Pilihlah labu yang kulitnya berwarna oranye cerah merata. Hindari memilih labu yang ada bintik putih atau menghitam pada kulitnya karena menunjukkan labu habis jatuh atau terbentur. Selain itu, pilih labu yang kulitnya utuh dan tidak rusak. 

Hindari memilih labu berjamur

Sebelum memutuskan membeli, periksa kembali apakah labu benar-benar bagus. Jangan sampai memilih labu yang terlihat bagus, namun ternyata berjamur, yang biasanya ditandai dengan : warna keputihan, abu-abu atau mirip kapas. Selain itu, periksa bagian batangnya, karena jika tercium aroma jamur, maka bisa jadi dalamnya juga berjamur.

Pilih labu yang berat

Selain bentuk fisiknya bagus, pastikan ukur berat labu. Jika terasa berat maka bisa jadi menunjukkan kandungan air dalam labu cukup banyak dan labu sudah matang dan lezat.

Mengetuk

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetuk labu. Jika terdengar berongga, maka menunjukkan labu matang sempurna. Jika sebaliknya, maka bisa jadi labu masih mentah atau bisa sudah busuk.
Membeli labu kuning yang matang sempurna membuatnya lebih tahan lama ketika disimpan dengan benar. Semoga informasi tentang cara memilih labu kuning yang matang dan pulen diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : cara memilih labu kuning, labu kuning enak, tanda labu kuning matang, ciri-ciri labu kuning tua
Tips dan cara Memilih Labu Kuning yang Matang dan Pulen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mama Punya Cerita Vlog