Tujuh Khasiat Hebat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beluntas termasuk salah satu sayuran yang mungkin kurang populer dibandingkan bayam, sawi dan lainnya. Bahkan beluntas lebih dikenal sebagai tumbuhan liar yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Meski terlihat sepele, namun beluntas bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, dari mulai : botok, lalapan, sayuran pecel, urap-urap dan lainnya. Bahkan, beluntas juga menjadi salah satu bahan pokok jamu yang berkhasiat. Beluntas memiliki aroma khas yang wangi dan rasanya agak getir, meski begitu mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Kandungan Nutrisi Daun Beluntas

Meski sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar, namun ternyata didalam beluntas terdapat kandungan nutrisi tinggi, dari mulai alkaloid, flavonoida, tanin, asam amino, minyak atsiri, Vitamin A, Vitamin C, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, lemak, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan dan kecantikan

Sebelum Anda mengolah beluntas, pastikan kenali apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman tersebut. Simak Tujuh Khasiat Hebat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan, berikut ini :

1.    Mengobati diare

Kandungan tannin dalam daun beluntas dapat membantu menennagkan perut sehingga masalah diare dapat teratasi.

2.    Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Daun beluntas mengandung fosfor dan kalsium yang bermnafaat melindungi kesehatan tulang dan gigi yang kuat.

3.    Menghilangkan bau mulut dan bau badan

Jika Anda mengalami masalah bau mulut atau bau badan tidak sedap, Anda bisa memanfaatkan daun beluntas. Caranya dengan rutin berkumur dengan air rebusan daun beluntas. Untuk bau badan, Anda bisa mengonsumsi sayurannya atau minum air rebusannya.

4.    Melancarkan ASI

Kandungan nutrisi dalam daun beluntas sangat lengkap sehingga membantu meningkatkan produksi ASI.

5.    Kaya antioksidan

Kandungan antioksidan dalam daun beluntas sangat bagus untuk membantu menangkal paparan radikal bebas penyebab penyakit dan juga munculnya tanda-tanda penuaan dini.

6.    Mengatasi Rematik

Daun beluntas memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat berkhasiat membantu meredakan nyeri tubuh dan bisa juga meringankan derita rematik. Caranya cukup minum air rebusan daun beluntas secara rutin.

7.    Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas mengandung senyawa tannin yang sangat bermanfaat menenangkan perut kembung. Anda cukup mengonsumsi air rebusan daun beluntas atau menjadikan daun beluntas sebagai lalapan. 
Setelah mengetahui beragam manfaat daun beluntas diatas, pastilah Anda tidak akan mengabaikan tanaman tersebut, bukan? Semoga informasi tentang manfaat daun beluntas untuk kesehatan dan kecantikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tujuh Khasiat Hebat Daun Beluntas untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown