Keuntungan Konsumsi Buah Kolang Kaling saat Ramadhan

daribuah daun - Kolang-kaling merupakan buah yang cukup populer di bulan ramahan. Kolang-kaling sendiri dihasilkan dari tanaman yang bernama Aren. Biasanya kolang kaling dijadikan bahan kolak, es campur atau manisan. Meski terlihat sederhana, namun ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi kolang-kaling. Terutama saat puasa ramadhan, dimana tubuh kita membutuhkan energy yang lebih cepat diserap tubuh saat berbuka. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat luar biasa dari kolang-kaling, lebih baik simak terus artikel ini. 
Konsumsi Buah Kolang Kaling saat Ramadhan

Kandungan Gizi Kolang Kaling

Setiap 100 gr Kolang kaling mengandung kadar air sebesar 93,8%, Wow banget khan? Tidak itu saja, karena didalam kolang kaling juga mengandung seear kasar, protein, karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, kalsium, fosfor dan zat besi.

Manfaat mengonsumsi kolang-kaling saat puasa ramadhan :

Menjaga kesehatan tulang

Dalam kolang kaling terdapat kandungan kalsium tinggi yang berkhasiat memenuhi kebutuhan kalsium saat ramadhan. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium, maka kesehatan tulang Anda akan lebih terjaga.

Menjaga kesehatan otot persendian

Saat ramadhan, kita biasa mengerjakan ibadah lebih banyak dibandingkan hari biasanya, khan? Ya dong, kan ada shalat taraweh, dan mungkin shalat sunnah lainnya. Kolang-kaling mengandung karbohidrat galaktomannan sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit pada lutut atau persendiran lainnya akibat kelelahan atau menderita nyeri sendi. Caranya : cukup rebus kolang-kaling bersama jahe dan tambahkan madu saat minum. Hindari pewarna atau pemanis buatan pada kolang-kaling yaa!

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat alami dalam kolang kaling sangat ampuh membantu melancarkan pencernaan Anda. Selain itu, kandungan serat alaminya membantu Anda kenyang lebih lama sehingga tidka mudah lapar saat puasa.

Menghidrasi tubuh lebih cepat

Buah kolang kaling sangat kaya air sehingga sangat cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa. Kandungan air dapat menghidrasi tubuh dnegan cepat sehingga tubuh lebih cepat segar dan bugar.

Menenangkan perut

Suka berbuka atau makan sahur dengan makanan pedas dan berlemak? Jika ya, pastikan jangan lupa konsumsi kolang kaling, karena memiliki efek mendinginkan perut yang panas dan tidak nyaman karena efek makanan pedas dan berlemak.

Demikian manfaat kolang kaling yang bisa Anda dapatkan saat puasa. Setelah memahami manfaatnya, pastilah Anda tidak akan mengabaikannya lagi.
Keuntungan Konsumsi Buah Kolang Kaling saat Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown