Kenali Khasiat Bunga Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Dari Buah dan Daun - Pernahkah Anda menjumpai tanaman yang bentuknya mirip dengan kumis kucing?  Tanaman Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) termasuk satu tanaman yang bisa ditemukan dengan mudah di taman-taman bunga, karena tanaman ini memiliki bunga berwarna putih keunguan  yang cukup indah. Tahukah Anda jika tanaman kumis kucing termasuk satu tanaman obat yang sudah terbukti ampuh mengobati beberapa penyakit. Tanaman kumis kucing termasuk tanaman yang mudha sekali dibudidayakan, terutama di tanah yang gembur, subur dan memiliki udara serta tata air yang baik.

Kandungan Senyawa Kimia Daun Kumis Kucing

Bagian tanaman kumis kucing yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daun. Hal ini karena didalamnya terdapat kandungan senyawa kimia yang berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya : minyak atsiri, orthosiphonin glikosida,kalium, saponin, sapofonin, dan lainnya.

Manfaat Tanaman Kumis kucing untuk kesehatan

Dari beragam kandungan senyawa yang terdapat dalam tanaman kumis kucing, kira-kira apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.   Peluruh Kencing

Pernah mengalami masalah susah buang air kencing? Tidak perlu repot minum obat-obatan kimia, karena daun kumis kucing memiliki sifat diuretic sehingga membantu melancarkan kencing. Caranya cukup minum air rebusan daun kumis kucing secara teratur hingga gangguan susah kencing menghilang.

2.    Mengobati batuk

Batuk, apapun jenisnya tetaplah mengganggu kenyamanan seseorang. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Tidak perlu cemas dengan batuk, karena tanaman kumis kucing bisa membantu meringankan derita batuk. Caranya : cukup minum air rebusan daun kumis kucing secara teratur hingga batuk tidak lagi mengganggu aktivitas Anda.

3.    Mengatasi penyakit asam urat

Asam urat termasuk satu jenis penyakit yang menyerang persendian, diantaranya : sendi jari tangan dan kaki, lutut, siku, dan pergelangan tangan. Salah satu penyebab penyakit asam urat sendiri adalah akibat konsumsi makanan yang mengandung purin berlebihan. Zat purin akan sulit dikeluarkan dari ginjal, akibatnya akan menumpuk dan mengkristal pada persendian. Untuk mengatasinya, Anda cukup minum air rebusan daun kumis kucing secara teratur.

4.    Mengobati kencing batu

Kencing batu atau batu ginjal termasuk satu penyakit yang saluran kemih akibat tumpukan asam urat, asam oksalat, dan asam fosfat yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal sehingga endapan tersebut akan berbentuk mirip batu. Jadi, jika Anda menderita penyakit kencing batu, maka Anda cukup minum air rebusan daun kumis kucing secara teratur.

5.    Mengobati hipertensi

Daun kumis kucing mengandung kalium yang berkhasiat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Caranya cukup rebus daun kumis kucing bersama air secukupnya, saring dan minumlah secara teratur.

6.    Mengobati Rematik

Rematik termasuk satu penyakit yang menyerang persendian, urat dan juga otot. Meski saat ini banyak obat-obatan untuk mengatasi rhematik, namun alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan bahan alami, yakni : kumis kucing. Caranya : Rebus daun kumis kucing dan daun meniran, lalu saring airnya dan minum setiap hari.

7. Mengobati diabetes

Daun kumis kucing bermanfaat membantu menurunkan kadar gula darah hingga berada di posisi normal, oleh karena itu, lakukan kebiasaan sehat minum air rebusan daun kumis kucing agar kesehatan Anda lebih terjaga.
Semoga informasi yang berjudul Kenali Khasiat Bunga Kumis Kucing Untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Kenali Khasiat Bunga Kumis Kucing Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LADO news