Jangan buang Rambut Jagung, Ini Khasiatnya Bagi kesehatan

Saat menikmati jagung, pasti Anda akan menemukan rambut yang menempel pada kulit maupun bijinya. Biasanya rambut jagung akan langsung dibersihkan dan dicampakkan begitu saja, karena dianggap mengganggu dan tidak bermanfaat. Padahal kalau Anda tahu khasiat dari rambut jagung, pasti Anda bakal mengumpulkannya. Ya, ternyata tidak hanya biji jagung yang bisa diambil manfaatnya, karena rambut jagung yang sering disepelekan justru mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kandungan zat penting dalam rambut jagung

Meski sering dianggap mengganggu, ternyata rambut jagung mengandung banyak nutrisi, dari mulai arbohidrat, protein, Vitamin  C, Vitamin K, serat dan potassium. Tidak hanya itu, karena rambut jagung juga kaya antioksidan yang bernama :  betakaroten, saponin dan flavonoida. Bahkan didalamnya juga  mengandung zat penting lainnya,  dari mulai minyak atsiri, minyak lemak, zat samak, maysin, hordenin, mentol,  viteksin, limonene, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana memanfaatkan rambut jagung

Jika ingin mendapatkan manfaat dari rambut jagung, sebaiknya jangan buang ya! Anda  bisa menjadikan rambut jagung sebagai  minuman herbal yang bermanfaat mengatasi beberapa penyakit. Hem, kira-kira apa  sajakah penyakit yang bisa disembuhkan dengan rutin meminum air  rebusan rambut jagung? Agar lebih jelasnya, simak aja kelanjutan artikel ini.

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan

Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Untuk membantu menurunkan tekanan darah, Anda bisa merebus rambut jagung bersama tongkolnya yang masih muda. Minumlah air  rebusan tersebut secara rutin sehari sekali untuk membantu menormalkan tekanan darah.  Ketika sudah normal, hentikan meminum ramuan tersebut yaa!

Membantu menurunkan kadar gula darah

Rambut jagung juga bermanfaat menjaga  keseimbangan kadar glokosa dalam darah sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Caranya cukup merebus  rambut jagung secukupnya hingga berubah warna kecoklatan, minum secara  rutin tiap pagi dan sore.

Meredakan panas dalam

Meski sudah banyak obat panas dalam yang ada di pasaran, namun Anda bisa memilih cara alami dan murah, yakni dengan rambut jagung. Rambut jagung memiliki sifat mendinginkan secara alami sehingga sangat membantu masalah Anda. Caranya cukup merebus lidah buaya bersama segenggam rambut jagung, saring dan minum airnya secara rutin.

Meluruhkan batu empedu

Rambut jagung sangat efektif membantu meluruhkan batu empedu dan menurunkan tekanan darah. Caranya sangat sederhana, yakni cukup rebus rambut jagung secukupnya dan saring serta minum airnya secara rutin. dengan rutin meminumnya, maka batu empedu segera luruh dan Anda bisa kembali sehat.

Menjaga kesehatan ginjal

Sifat diuretik yang terdapat  dalam rambut jagung  sangat bermanfaat meluruhkan kotoran yang mengendap dalam saluran kencing. Jika buang air kencing lancar, secara otomatis kinerja ginjal bisa lebih optimal.

Meringankan penderita infeksi saluran kemih

Minum air rebusan rambut jagung juga bermanfaat mengurangi peradangan dan menyembuhkan infeksi. Hal itu karena sifat antiinflamasi yang ada didalamnya. Caranya sangat sederhana, yakni cukup seduh rambut jagung  bersama air panas, diamkan hingga berubah warna dan minumlah airnya.
Agar  mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan gunakan rambut  jagung yang masih segar dan terlindung dalam kulit jagung. Selain lebih segar, rambut yang terbungkus pelepah juga lebih bersih dan pastinya mengandung zat-zat yang bermanfaat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Jangan buang Rambut Jagung, Ini Khasiatnya Bagi kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown