Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun- Wortel merupakan sejenis umbi-umbian berwarna oranye kemerahan. Biasanya, sayur wortel ini dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk sup, jus, kue, oseng, dan berbagai olahan lainnya. Sayuran dengan bentuk lonjong ini sangat terkenal ampuh membantu menjaga kesehatan mata. Ternyata bukan itu saja, berbagai kandungan gizi yang terdapat dalam wortel membuat sayuran yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Wortel memiliki kandungan gizi yang tinggi, diantaranya : Vitamin A, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Kalium, Beta-karoten, Vitamin C, Folat (Vit. B9), dan masih banyak yang lainnya. Banyak sekali kan kandungan gizinya, untuk itu yuk simak beberapa manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan.
Khasiat Wortel untuk kesehatan
  • Menyehatkan mata

Wortel memiliki kandungan betakaroten tinggi yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.
  • Menjaga jantung agar tetap sehat

Wortel mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan betakaroten, lutein dan alfa karoten dalam wortel sangat bagus untuk kesehatan jantung.
  • Mencegah penyakit kanker

Wortel mengandung antioksidan tinggi, falcarinol serta falcarindiol yang bersifat anti kanker. Untuk itu, tak heran jika sayuran yang satu ini sangat ampuh menangkal berbagai jenis penyakit kanker, misalnya : kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.
  • Menormalkan kadar kolesterol

Kandungan serat dan magnesium dalam wortel sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menetralkannya sehingga tubuh akan lebih sehat dan terhindari dari penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah dan meringankan stroke

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel sangat ampuh mencegah dan meringankan derita stroke.
  • Menyehatkan organ pencernaan

Wortel mengandung serat tinggi yang bagus untuk menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.
  • Menyembuhkan pecandu rokok, alkhohol, dan obat-obatan terlarang

Kandungan potassium yang tinggi dalam wortel sangat ampuh membantu menteralkan keasaman darah para seseorang yang kecanduan rokok, alkhohol, dan obat-obatan terlarang.
Khasiat Wortel untuk kecantikan
  • Menyehatkan kulit dan membuatnya indah bercahaya

Kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin A dalam wortel sangat ampuh membasmi toksin/racun tubuh. Jika tubuh terbebas dari toksin, otomatis kulit akan lebih sehat dan indah bercahaya.  
  • Mencegah masalah kulit dan rambut akibat sinar matahari

Rambut dan kulit akan mudah bermasalah jika sering terpapar sinar matahari. Nah, kandungan antioksidan dan betakaroten dalam wortel sangat bermanfaat melindungi kulit dan rambut dari keganasan sinar UV yang dapat merusak keduanya.
  • Memperlambat proses penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam wortel juga membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini (keriput, bintik hitam, kusam, dan lainnya). Sehingga impian untuk memiliki kulit akan lebih kencang dan awet muda akan mudah terwujud.
  • Mencegah dan menyembuhkan jerawat

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam wortel sangat ampuh mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Anda bisa menggunakan wortel sebagai masker, atau bisa dikonsumsi sebagai jus atau olahan lainnya.
Semoga informasi diatas membuat kita semakin paham akan pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat yaa… salam sehat!!
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown