9 Manfaat Luar biasa Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

DariBuahDaun-Sirih hijau sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Selain sirih hijau, ada jenis sirih lainnya yang bisa kita temui di Indonesia, yakni : sirih merah, dan sirih hitam. Diantara ketiga jenis sirih tersebut, sirih hijau dan merah termasuk yang lebih banyak dikenal dan dimanfaatkan.
Sirih hijau termasuk tanaman menjalar yang mudah dibudidayakan dan jarang sekali terserang hama penyakit. Kalau melihat penampilan Sirih hijau, pasti Anda tidak akan menyangka jika tanaman tersebut menyimpan kandungan zat yang cukup tinggi, diantaranya : minyak atsiri, fenil propane, kavibetol, kavicol, allylpyrokatekol, caryophyllene, estragol, cadinene, diastase, hidrosikavicol, terpennene gula, dan lain sebagainya.
Zat-zat tersebut yang membuat daun sirih hijau sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Nah, agar lebih jelasnya, simak manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

1.    Mengatasi mimisan

Mimisan atau perdarahan melalui hidung dapat diatasi dengan mudah menggunakan daun sirih. Caranya cukup gulung daun sirih, lalu lipat dan masukkan ke lubang hidung. Sementara itu, Anda bisa istirahat agar perdarahan bisa segera reda.

2.    Mengatasi masalah mulut dan nafas tak sedap

Kandungan antiseptic dalam sirih snagat ampuh membantu mengatasi berbagai masalah mulut, misalnya : sariawan, gusi berdarah, nafas tak sedap, dan lain sebagainya. Caranya dnegan mengunyah beberapa lembar daun sirih atau bisa juga dnegan merebus sirih dan menggunakan airnya untuk berkumur atau mengompres mulut yang sariawan.

3.    Bau badan tak sedap

Bau badan tidak sedap tentu sangat mengganggu bukan? Atasi dengan daun sirih hijau, yakni : tumbuh beberapa lembar daun sirih, lalu oleskan pada ketiak. Lakukan secara rutin sebelum mandi.

4.    Mengatasi jerawat dan masalah kulit

Kandunga antiseptic dalam daun sirih ampuh mengatasi masalah kulit, seperti ; jerawat, eksim dan lain sebagainya. Caranya dengan menumbuk daun sirih, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

5.    Mencegah dan mengobati sakit mata

Rebus daun sirih secukupnya, lalu diamkan hingga air hangat-hangat kuku. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh dan membersihkan mata.

6.    Mengusir serangga pengganggu

Daun sirih memiliki aroma khas yang membuat beberapa serangga tidak menyukainya, misalnya : semut, lalat, dan nyamuk. Cukup remas daun sirih dan letakkan di tempat yang diinginkan bebas serangga, dijamin dech masalah serangga bisa diatasi.

7.    Mengatasi Keputihan

Keputihan dapat diatasi dengan mudah dengan minum air rebusan daun sirih dan membasuhkan pada area kewanitaan. Selain mengatasi keputihan, cara tersebut juga membuat bau tidak sedap hilang.

8.    Mengatasi luka bakar

Kandungan antiseptic dalam sirih ampuh mencegah infeksi pada luka, sehingga luka akan cepat sembuh. Caranya dengan memanaskan daun sirih hingga layu, kemudian tempelkan pada luka bakar.

9.    Menghaluskan kulit

Memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk mencuci muka juga bermanfaat mencegah jerawat dan mengangkat sel kulit mati/kotoran sehingga wajah akat terlihat halus dan bersih terawatt.
Semoga informasi tentang manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan dan kecantikan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

9 Manfaat Luar biasa Sirih Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown