Keistimewaan Buah Tin Untuk Kesehatan Seumur Hidup

DariBuahDaun-Buah tin atau yang dalam bahasa latin disebut Ficus carica termasuk nama buah yang diabadikan dalam Al Quran sebagai nama salah satu surat, yakni At Tin. Hem, kira-kira apa ya keistimewaan dari buah Tin ini? Buah Tin berasal dari bahasa Arab yang artinya buah Ara. Buah Tin memiliki warna hijau dan ukuran panjangnya sekitar 3-5 cm. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah tin sama saja dengan kita menjamin kesehatan seumur hidup. (Enam bahan Alami Atasi Mabuk Kendaraan)
Buah tin bisa dinikmati dalam dua bentuk, yakni Basah dan kering. Mungkin Anda masih belum tahu mana yang lebih baik diantara keduanya? Ternyata khasiat buah tin kering maupun basah tidaklah berbeda, yang membedakan hanyalah kadar kalorinya. Jika buah Tin kering mengandung 6 kali kalori yang lebih banyak dibandingkan buah Tin basah.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Tin

Rasulullah pernah menyebut buah Tin sebagai buah surga, hal itu tentu karena keistimewaan yang terdapat didalamnya. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah Tin, antara lain : Protin, karbohidrat, lemak, serat, energy, vitamin C, kalsium, zat besi, potassium, kalium, fosfor, dan masih banyak kandunga lain yang berkhasiat untuk tubuh.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

1.    Mencegah dan Mengobati kolesterol

Buah Tin mengandung pectin yang berkhasiat mencegah dan mengatasi kolesterol berlebih yang mengganggu kesehatan.

2.    Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat tinggi dalam buah Tin bermanfaat untuk memperlambat proses penyerapan dalam usus kecil. Sedangkan gambungan antara fruktosanya ampuh membantu mengontrol kandungan gula darah.

3.    Menguatkan tulang

Buah tin kaya akan kalsium yang bisa menjadi pengganti susu yang bermanfaat memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

4.    Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya dapat menyembuhkan jerawat dan menghaluskan kulit. Caranya dengan mengonsumsi langsung atau menghaluskan buah Tin dan mengoleskannya ke kulit.

5.    Menyehatkan jantung

Selain membersihkan kolesterol dalam darah, buah Tin juga dapat menurunkan kandungan trigliserida/lemak jahat penyebab penyakit jantung.

6.    Menyembuhkan luka

Buah tin kaya zat-zat aktif yang bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik untuk membersihkan luka. Caranya dengan menghaluskan buah tin dan melumurkan pada luka.

7.    Menurunkan tekanan darah

Kandungan lemak omega 3 dan 6 serta kalium dalam buah Tin ampuh mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi.

8.    Menangkal radikal bebas

Buah Tin kaya antioksidan alami yang berkhasiat menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya, salah satunya : kanker

9.    Menyehatkan mata

Buah tin kaya akan vitamin A dan betakaroten sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
Selain yang tersebut diatas, mungkin masih banyak khasiat buah Tin lainnya untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Keistimewaan Buah Tin Untuk Kesehatan Seumur Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown