Jangan Remehkan Buah Cermai, Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan

DariBuahDaun-Sebagian dari Anda pasti sudah mengenal buah cermai, bukan? Ya, buah dengan nama Latin Phyllanthus acidus ini berbentuk kecil dan memiliki rasa yang asam. Selain bisa dinikmati secara langsung, buah cermai juga nikmat dijadikan sebagai manisan. Meskipun terlihat sepele, namun ternyata buah cermai sangat kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, diantaranya : protein, karbohidrat, serat, Vitamin A dan C, kalsium, fosfor, besi, thiamin dan riboflavin. (Enam Makanan Pengikis Endapan Lemak Jahat Dalam Pembuluh Darah)
Cermai/www.ahligizi.info

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang kaya akan gizi, karena daun buah cermai juga kaya akan nutrisi, antara lain : karbohidrat, protein, lemak, serat, polifenol, flavonoida, saponin, dan tanin. Dari berbagai kandungan gizi yang terdapat didalam buah cermai, tak mengherankan jika terdapat banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya : (Benarkah Menguap Dari Setan? Simak Faktanya Berikut Ini)

Mengatasi sembelit

Kandungan serat didalam buah cermai sangat ampuh membantu mengatasi masalah sembelit. Caranya bisa dinikmati langsung atau dengan menghaluskan buah cermai serta bijinya hingga halus dan minum airnya secara rutin. (Manfaat Rambutan, dari batang, Biji, Kulit dan Daunnya untuk Kesehatan)

Mencegah penyakit kanker

Buah dan daun cermai sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C yang membantu menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. (Ingin Bibir Merah Merona? Gunakan 7 Bahan Alami Ini)

Menyehatkan jantung

Cermai membantu mempertahankan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghambat oksidari kolesterol jahat. Selain itu, antioksidan yang kuat dalam cermai juga bisa membantu mencegah penumpukan plak pada arteri sehingga Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

Melindungi hati

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam cermai sangat membantu melindungi organ hati dari kerusakan akibat alkohol dan bahan kimia lainnya.

Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium dan zat besi dalam buah cermai dapat membantu menyehatkan tulang dan terhindar dari masalah tulang keropos.

Diabetes

Kandungan polifenol dalam buah cermai dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit diabetes mellitus. Selain itu, buah cermai juga bisa membantu penyerapan insulin dengan baik sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mencegah penuaan dini

Selain kaya vitamin C, Cermai juga kaya akan Vitamin A yang sangat penting dalam produksi kolagen, dimana dia merupakan senyawa penting yang dibutuhkan kulit agar tetap elastis dan awet muda. Konsumsi buah cermai secara rutin saat perut kosong, karena berkhasiat menghambat degradasi kolagen.

Hem, sungguh mengejutkan ya, ternyata buah cermai yang terlihat tidak menarik justru mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.
Jangan Remehkan Buah Cermai, Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown