Meski Pahit, Tapi Ini Tujuh Manfaat dari Daun Pepaya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah pepaya, bukan? Buah pepaya sangat kaya akan nutrisi sehingga bisa melengkapi kebutuhan gizi keluarga Anda setiap hari. Ternyata tidak hanya buah pepaya saja yang kaya manfaat, karena daun pepaya juga mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Mungkin tak banyak yang suka dengan daun papaya, karena memang rasanya sangat pahit. Tapi dibalik rasa pahit tersebut, ternyata tersimpan kandungan yang luar biasa bermanfaat bagi tubuh, dari mulai protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, lemak, fosfor, kalsium, hidrat arang, dan antioksidan yang tinggi.

Cara memanfaatkan daun pepaya

Daun pepaya yang dimanfaatkan adalah yang muda, karena lebih lembut dan tidak terlalu pahit. Anda bisa mengolah daun papaya dnegan berbagai cara, dari mulai merebus dan meminum airnya atau bisa juga mengolah daun pepaya menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera, misalnya : botok, tumis daun papaya, urap-urap, dan lainnya. Untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya, Anda bisa menggunakan trik-trik tertentu sebagaimana dalam artikel CARA menghilangkan rasa pahit daun pepaya.

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan

Dengan memahami manfaatnya, niscaya Anda akan mengabaikan rasa pahit yang ada dalam daun pepaya. Simak manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan, berikut ini :

Mengurangi nyeri haid

Sering merasa nyeri perut saat haid? Daun pepaya ini bisa dijadikan jamu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Caranya cukup campurkan daun pepaya, asam jawa dan sedikit garam, kemudian rebus dan minum airnya.

Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam daun papaya sangat bermanfaat menguatkan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah penyakit kanker

Daun pepaya mengandung antioksidan yang ampuh membantu menangkal paparan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker.

Mengempukkan daging

Ingin memasak daging yang cepat empuk danlembut? manfaatkan daun pepaya dong, caranya cukup bungkus daging yang akan diolah dengan remasan daun pepaya selama 10-15 menit, baru kemudian bumbui seperti biasanya.

Melancarkan ASI

Kandungan nutrisi yang lengkap dalam daun pepaya membuatnya snagat ampuh membantu melancarkan ASI. Anda bisa mengonsumsi langsung olahan daun pepaya atau bsia dnegan cara mengompres dengan daun pepaya yang sudah dipanggang dalam api hingga agak layu.

Meredakan demam

Daun papaya memiliki rasa pahit yang disebabkan tingginya kandungan senyawa alkaloid karpain yang bermanfaat menurunkan demam dan membunuh mikroba yang sebabkan penyakit.

Mengatasi ketombe

Jika Anda sudah lelah mengatasi ketombe dengan berbagai cara, cobalah manfaatkan daun papaya. Kandungan senyawa karpain didalamnya ampuh melunakkan kotoran dan endapan minyak di kulit kepala sehingga masalah ketombe akan diatasi dengan mudah.

Menghaluskan kulit kering dan kasar

Anda memiliki kulit yang kasar, kering dan kecah-pecah? Daun pepaya bisa membantu mengatasi masalah Anda. Caranya cukup tumbuk daun papaya atau remas-remas daun papaya hingga halus, oleskan pada kulit yang kasar dan kering sembari dipijat lembut. Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Meningkatkan trombosit penderita demam berdarah

Daun papaya mengandung enzim papain yang ampuh membantu meningkatkan trombosit penderita demam berdarah. Caranya dengan minum air rebusan daun papaya.
Setelah memahami beragam manfaatnya diatas, pastilah Anda tidak akan mengabaikannyalagi, bukan? Semoga bermanfaat!
Meski Pahit, Tapi Ini Tujuh Manfaat dari Daun Pepaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown