8 Manfaat Sehat dari Jengkol dan Efek Sampingnya

manfaatbuahdaun - Ada yang suka menikmati olahan jengkol? Meski jengkol memiliki bau khas yang menyengat namun para penggemarnya tetap tak rela berpaling pada makanan lain. Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu, dari manakah bau jengkol berasal? Ternyata bau menyengat pada jengkol tersebut berasal dari kandungan asam amino yang mengandung unsur belerang atau sulfur. Bagi yang menikmati jengkol, bau menyengat tersebut mungkin tidak terlalu terasa, sebaliknya bau tersebut akan tercium menyengat oleh teman Anda yang tidak ikut makan. Terlebih lagi ketika Anda sedang buang air kecil, jangan coba-coba untuk tidak sempurna membersihkannya, karena dijamin dapat mengganggu ketenangan orang lain.

Jengkol, bau tapi kaya nutrisi

Meski memiliki bau yang luar biasa, namun dengan trik khusus, Anda bisa menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol. Jadi, jangan karena alasan bau, lantas Anda tidak menyukainya. Selain itu, ada satu alasan yang membuat Anda tidak boleh mengabaikan jengkol, yakni nutrisi didalamnya. Hem, kira-kira apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat dalam jengkol? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Jengkol kaya akan:

  • karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Alkaloid
  • Minyak atsiri
  • Steroid
  • Glikosida
  • Tanin
  • Saponin
  • Zat besi

Manfaat Jengkol untuk kesehatan

Jengkol yang sering dianggap makanan kelas bawah ternyata justru kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat yang bsia kita dapatkan dari jengkol, yakni :

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium tinggi dan fosfor membuat jengkol sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan proten tinggi dalam jengkol sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain bermanfaat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel, protein juga bermanfaat membangun hormon, enzim dan sistem kekebalan tubuh.

Membantu menenangkan otak

Kandungan protein tinggi dalam jengkol juga bermanfaat menenangkan otak dan membantu otak lebih cepat dalam menerima pesan.

Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam jengkol juga membantu mengatasi kekurangan zat besi yang menjadi penyebab anemia.

Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan penelitian, dalam kulit halus jengkol terdapat senyawa aktif  yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Mencegah penyakit jantung coroner

Jengkol mengandung mineral yang sangat bermanfaat membantu melancarkan penyempitan pembuluh darah menuju jantung sehingga risiko penyakit jantung coroner bisa diminimalisir.

Mengatasi sembelit

Jengkol mengandung serat alami yang ampuh mengatasi masalah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam jengkol juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penangkal virus/bakteri.

Bahaya Jengkol Bagi kesehatan

Dibalik manfaatnya, ternyata jengkol juga mengandung bahaya yang sering tidak disadari. Agar Anda terhindar dari bahayanya, sebaiknya simak aja yuk..

Bau Mulut dan urine

Diatas sudah dijelaskan jika mengonsumsi jengkol, maka Anda harus siap dengan risikonya, yakni bau tidak sedap. Bau tidak sedap bsia terjadi pada mulut dan saat buang air kencing. Karena itu pastikan Anda sudah memiliki jurus ampuh untuk mengatasinya yaa!

Sebabkan Asam Jengkolat

Di dalam jengkol terdapat kandungan zat asam jengkolat yang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan penyakit jengkolan. Gejala yang dialami berupa rasa nyeri dan sakit pinggang yang kemudian diikuti rasa nyeri di perut. Jika tidak segera diatasi, maka penderita bisa juga mengalami rasa sakit saat buang air kencing.

Sebabkan kencing batu

Asam jengkolat merupakan sejenis protein yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga berpotensi menjadi Kristal dalam pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat memperberat kinerja ginjal, karena protein tersebut sulit dikeluarkan dengan sempurna oleh ginjal. Akibatnya, seseorang akan menderita penyakit batu ginjal.

Berbahaya bagi Penderita Asam Urat

Jengkol juga wajib dibatasi atau dihindari oleh seseorang yang menderita penyakit asam urat, karena dapat memperburuk kondisi penyakit Anda.
Setelah mengetahui beragan nutrisi, manfaat dan bahaya jengkol diatas, tentunya Anda akan lebih bijak lagi ketika hendak mengonsumsinya. Semoga informasi yang berjudul Kandungan Manfaat Jengkol dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


8 Manfaat Sehat dari Jengkol dan Efek Sampingnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jafar Amien