Waspadai Efek Samping Daun Sirsak bagi Kesehatan

daribuahdaun - Siapa sich yang bisa menolak kesegaran buah sirsak? Daging buah sirsak tidak hanya memiliki rasa yang segar, tapi juga mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Selain buahnya, daun sirsak juga biasa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, dari mulai kanker, diabetes, asam urat, bisulan dan lainnya. Dalam daun sirsak terdapat kandungan senyawa penting, yakni : linoleic acid, anonol, annomuricin, acetogenins, annocatalin, muricapentocin, annohexocin, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa kandungan senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pastinya membantu mengobati penyakit. Meski banyak manfaat dalam daun sirsak, namun bukan berarti kita harus berlebihan mengonsumsinya, karena ternyata terdapat efek samping yang patut diwaspadai. 


Hem, kira-kira apa sajakah efek samping dari daun sirsak dan apakah dapat membahayakan bagi orang yang mengonsumsinya? Ternyata dalam daun sirsak terdapat zat aktif yang bernama zat hijau dimana zat tersebut mengandung antibakteri tinggi sehingga sangat ampuh membunuh sel kanker. Meski begitu, penggunaannya harus bijak, karena jika berlebihan justru dapat menghabisi bakteri baik yang sesungguhnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, pada penderita penyakit tertentu akan mengalami beberapa efek samping yang cukup membuat tubuh terasa tidak nyaman, diantaranya :
  • Pengobatan terhadap kanker/tumor dengan daun sirsak akan membuat penderita mengalami diare, tubuh panas, keringat berlebih, susah buang air besar, perut perih, dan lainnya.
  • Penderita tumor jinak pada payudara akan mengalami efek samping, diantaranya : diare dan tubuh lemes.
  • Penderita kanker otak akan mengalami keringat berlebih dan kejang-kejang akibat reaksi dari kandungan daun sirsak dan virus yang menyerang otak.

Cara Meminimalisir Efek Samping Daun Sirsak

Meski mengandung efek samping sebagaimana disebutkan diatas, bukan berarti pengobatan menggunakan daun sirsak tidak aman, karena efek samping diatas bisa diminimalisir atau dihilangkan dengan cara : tidak mengonsumsi dalam kondisi mentah, tapi direbus dulu atau dikeringkan lalu diseduh dengan air panas sebagaimana minum teh. Air panas dapat membantu menghilangkan getah pada daun sirsak yang memicu diare hingga kejang-kejang.

Setelah mengetahui efek samping dan cara mengatasinya diatas, tentu Anda akan lebih mudah mengaplikasikan daun sirsak sebagai obat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Waspadai Efek Samping Daun Sirsak bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jafar Amien